Dorong pemberian asi eksklusif, PKK Kota Salatiga mengadakan lomba Laktasi Tingkat Kota tahun 2018. Kegiatan yang digelar di Rumah Dinas Walikota tersebut dibuka oleh Wakil Tim Penggerak PKK Ny. Ida Nurul Farida Haris, 7/11.

PKK Bekerjasama dengan IKAS (Ikatan Konselor Asi Salatiga) mengikutsertakan perwakilan satu orang ibu yang memiliki bayi di bawah umur 6 bulan. Adapun tujuan dari lomba laktasi adalah untuk menambah pemahaman pentingnya pemberian Asi eksklusif 6 bulan. Selain itu juga memberikan penghargaan bagi para ibu yang telah memberikan Asi eksklusif.

Dalam sambutannya Ny. Ida Nurul Farida Haris mengapresiasi kegiatan tersebut. “Laktasi yang benar akan menentukan generasi yang sehat dikemudian hari. Atas nama PKK kami mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu yang telah siap mengikuti lomba. Saya berharap ibu-ibu di Kota SAlatiga benar-benar menyiapkan generasi yang baik melalui pemberian Asi Eksklusif,” tutur Ida Nurul Farida.

“Anak-anak yang digendong dengan menghadap ke ibu dan melekat ke dada ibu akan ternyata akan menimbulkan kedekatan secara psikologis. Oleh karenanya pemberian Asi yang benar juga juga akan berdampak serupa,” tambah Ida Nurul Farida.

Sementara itu Titik Anggraini ketua IKAS menjelaskan bahwa yang dinilai dalam lomba adalah bagaimana posisi yang benar saat menyusui. “Tim juri lomba adalah dari PKK, DP3A, IKAS, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, dan Dinas Kesehatan. Sebagai informasi IKAS bekerjasama dengan DKK akan memberikan sertifikat kepada para ibu yang berhasil memberikan Asi eksklusif kepada bayinya. Tiap Puskesamas sudah menyipkan sertifikat tersebut,” paparnya.