Salatiga (26/1), Pj. Walikota Salatiga Drs. Achmad Rofai, M.Si menyerahkan penghargaan kepada 25 orang pendonor darah sukarela yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 25 kali. Penyerahan dilakukan di Pendopo Sekretariat Daerah Kota Salatiga, dihadapan para pejabat SKPD dan Forkopinda.

Menyambut pemberian penghargaan bagi pendonor darah, Plh. Ketua  PMI Suyanto menyampaikan bahwa selain memberikan penghargaan kepada pendonor darah sukarela, PMI juga terus mengampanyekan donor darah sukarela kepada masyakarat. Dari data yang dimiliki PMI Kota Salatiga, pada tahun 2016 tercatat sebanyak 9.657 orang telah mendonorkan darahnya di UTD PMI Kota Salatiga.

“Tahun 2016 kami hanya memiliki target sebanyak 9.500 orang tapi melalui beberapa program yang telah dijalankan hasilnya lebih baik dari yang diharapkan,” ungkap Suyono.

Senada dengan Plh. Ketua PMI Pj. Walikota Salatiga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah bersedia mendonorkan darahnya secara sukarela. “Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan bapak ibu semua yang sudah mendonorkan darahnya secara sukarela, ke depan saya harap donor darah dapat menjadi salah satu gaya hidup di masyarakat. Karena manfaat dari donor darah ini sangat banyak terutama untuk kesehatan pribadi sekaligus juga membantu anggota masyarakat lain yang membutuhkan,” terang Pj. Walikota.

Berdasar ketentuan yang berlaku di PMI penghargaan 25 kali diberikan oleh Walikota/Bupati, 50 – 75 kali diberikan oleh Gubernur, dan untuk 100 kali diberikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia. (fjr)