Pj Walikota Salatiga, Achmad Rofai meresmikan Ruang Perawatan TB (Tuberkolusis) Resisten Obat di Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga, Jumat 07/04. Peresmian ini juga merupakan salah satu agenda dalam peringatan Hari TB Sedunia Tahun 2017 Tingkat Kota Salatiga.

Dalam sambutannya, Pj Walikota berharap dengan adanya instalasi tersebut akan membantu dan meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya bagi penderita tuberkolusis di satu-satunya rumah sakit paru di Jawa Tengah tersebut. “Penyakit tuberkolusis masih menjadi permasalahan global. Terlebih lagi TB yang sudah kebal terhadap obat prosentasenya semakin tinggi di Jawa Tengah,” kata Pj Walikota.

Achmad Rofai memberikan apresiasi kepada segenap panitia pembangunan ruang perawatan tersebut yang telah memberikan dukungan sehingga pembangunan dapat selesai dengan baik. “Dengan adanya instalasi ini, semoga juga akan menjadi tempat untuk mengedukasi masyarakat, tidak hanya terbatas pada penanganan medis saja,” ujar Pj Walikota.

Instalasi ini semakin melengkapi rumah sakit yang didirikan pada tahun 1934 dengan nama Rumah Sakit Tuberkolusa Paru (RSTP) Ngawen Salatiga. Sejak didirikan, Saat itu RSP dr. Ario Wirawan berfungsi sebagai tempat petirahan/sanatorium yaitu sebagai fasilitas medis untuk penyakit jangka panjang, terutama tuberkulosis. Dengan ini lengkapnya instalasi yang dimilikinya, diharapkan RSPAW mampu berkembang menjadi rumah sakit dengan cakupan wilayah yang lebih luas yaitu wilayah Jawa Tengah dan provinsi lain yang tidak memiliki RSTP.

Selain Direktur RSPAW beserta jajaran, dalam peresmian tersebut turut hadir antara lain perwakilan dari Kementrian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kota Salatiga dan Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemkot Salatiga. (sg)