TINGKIR – Warga Kelurahan Tingkir Tengah patut bersuka cita. Pasalnya tahun 2017 ini dimulai dengan kemeriahan acara peresmian Kantor Baru Kelurahan Tingkir Tengah, Minggu (1/1). Peresmian dilaksanakan secara simbolis dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh PJ Walikota Salatiga didampingi oleh Lurah Tingkir Tengah beserta Camat Tingkir. Hadir pula Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Sri Wityowati dan Kepala SKPD terkait.

Sebelumnya, diadakan pawai taaruf dan kirab budaya dari kantor lama yang bertempat di Jalan Tanjung No. 1 menuju kantor baru di Jalan Tingkir Raya No. 1 (Jalan Raya Salatiga-Suruh). Kirab budaya ini melambangkan ‘boyongan’ Lurah beserta seluruh perangkatnya. Selain itu juga salah satu alat sosialisasi kepada masyarakat bahwa pelayanan kelurahan sudah resmi dipindahkan ke kantor baru.

Kirab yang dilombakan tersebut diikuti oleh perwakilan 10 RW di Kelurahan Tingkir Tengah. Berbagai penampilan disuguhkan warga seperti drumblek, festival kostum, tari tradisional, kendaraan hias, gunungan hasil bumi, olahan makanan serta kerajinan karya warga masyarakat Tingkir Tengah.

Ratusan warga antusias melihat kirab budaya yang memiliki rute melewati jalan-jalan utama di Kelurahan Tingkir Tengah tersebut. Selain itu, warga juga terlihat memadati bazar UMKM yang digelar di kantor baru. Sehari sebelumnya, diselenggarakan prosesi ‘slup-slupan’ dengan acara lomba menghias tumpeng, khatam Alquran, dan doa bersama oleh semua pegawai Kelurahan Tingkir Tengah berserta masyarakat dan tokoh agama.

Pada kesempatan yang sama PJ Walikota juga meresmikan nama Jalan Tingkir Raya yang sebelumnya adalah Jalan Tingkir Barukan, Koperasi BKM Joko Tingkir Makmur, Launching Website Tingkir Tengah dan Website BKM Joko Tingkir.

Lurah Tingkir Tengah, Okto Risang menjelaskan bahwa pintu keluar Jalan Tol Bawen-Salatiga berlokasi di Tingkir Tengah. Oleh karenanya Tingkir Tengah merupakan wajah pertama yang dilihat wisatawan ketika keluar dari jalan tol yang rencananya akan diuji coba Bulan Februari mendatang. “Dengan adanya kantor baru yang lebih representatif ini dan dengan adanya pintu keluar jalan tol, semoga mayarakat akan terdorong untuk meningkatkan kreatifitas baik dari bidang kuliner, ekonomi maupun budaya,” terang Okto Risang.

Selanjutnya PJ Walikota Salatiga, Achmad Rofai berpesan agar gedung kantor baru Kelurahan Tingkir Tengah senantiasa dijaga, dipelihara dan dirawat. “Selain itu saya berharap segenap perangkat Keluarahan selalu meningkatkan kualitas pelayanan prima kepada masyarakat yang sesuai dengan regulasi,” lanjut Rofai. (wd)