Pj Walikota Ajak Generasi Muda Santun Dalam Bermedia Sosial

 

BALAIKOTA – Dewasa ini kesantunan dan kesopanan sudah menjadi hal yang sulit dijumpai. Ini dibuktikan dengan penggunaan bahasa yang kurang menunjukkan kesantunan baik di dunia nyata, lebih-lebih di dunia maya. Oleh karena itulah, Pj Walikota Salatiga, Achmad Rofai mengajak generasi muda untuk selalu menjaga sopan santun di manapun berada, termasuk di media sosial.

Hal tersebebut disampaikan saat Pj Walikota membuka kegiatan Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan Nilai-Nilai Luhur Budaya Bangsa di Ruang Kaloka Gedung Setda Lt.4 pada Rabu 12/04.

“Sebagai generasi muda yang sudah melek teknologi, saya berharap agar adik-adik pelajar ini selalu menjaga sopan santun tidak hanya di dunia nyata, tapi juga di dunia maya. Gunakan bahasa yang santun, karena apa yang Anda tulis itu menunjukkan diri Anda sendiri. Ada beberapa orang yang santun di dunia nyata, tapi menjadi kurang santun saat bermedia sosial. Ini tentu sangat disayangkan,” ujar Pj Walikota.

Selain kesantunan dalam bermedia sosial, Pj Walikota menyoroti kebiasaan menyebarkan berita yang belum tentu benar. “Adik-adik pelajar diharapkan untuk selektif dalam mencari sumber informasi. Jangan mudah menyebarkan berita bohong atau hoax. Manfaatkan teknologi untuk menunjang kegiatan belajar, dan jangan habiskan waktu Anda untuk bermain handphone saja,” jelas Pj Walikota.

Ia menambahkan bahwa ia melihat adanya kecenderungan diabaikannya nilai-nilai budaya bangsa. Banyaknya kasus tawuran, kenakalan remaja sampai dengan narkoba menunjukkan bahwa jatidiri bangsa Indonesia dalam bermasyarakat dan bernegara sedang mengalami masalah serius. “Saya berpesan agar kejujuran dan kesopanan selalu dipegang oleh generasi muda,” kata Achmad Rofai.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Salatiga ini diikuti oleh setidaknya 200 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan yang sederajat.

Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Wahyudi Sumanto sebagai Ketua Panitia Kegiatan dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketahanan bangsa. Sedangkan sasaran kegiatan adalah para siswa SMA dan yang sederajat.

Adapun narasumber yang dihadirkan antara lain: Asisten 1 Sekda Adhi Isnanto, Guru Besar pada Universitas Diponegoro Muhammad Yulianto, Sekretaris Kwarda Jawa Tengah Agung Suparyoko dan Kepala Staf Kodim 0714 Salatiga Mayor Kav Bahrudin. (sg)