SALATIGA – Meskipun angka kemiskinan di Kota Salatiga tahun 2016 sebesar 5,24% lebih rendah dari tingkat kemiskinan Provinsi Jawa Tengah sebesar 13,27%, Pemkot Salatiga perlu melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris saat membuka sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan Workshop Penguatan Kelembagaan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) di Aula SMA N 3 Salatiga, Rabu 22/11.

Wakil Walikota selaku Ketua TKPK menguraikan bahwa kemiskinan dapat dilihat dari 3 perspektif yang berbeda. “Kemiskinan bisa dilihat dari perspektif teologis, di mana kemiskinan merupakan realitas sehingga agama mengajarkan kita tentang kepedulian terhadap sesama. Dari aspek psikologis, kemiskinan muncul karena orang mencari yang diinginkan, bukan yang dibutuhkan,” urai Muh Haris.

Sedangkan yang ke-3 adalah perspektif sosiologis di mana melihat kemiskinan sebagai fakta sosial yang harus ditanggulangi bersama-sama. “Sebagai pemerintah, kita melihat kemiskinan dari perspektif ini. Rumus penanggulangan kemiskinan adalah keroyokan yaitu melibatkan seluruh stakeholder atau instansi, fokus pada permasalahan serta program yang sustainable atau berkelanjutan. Sehingga pada target waktu tertentu, angka kemiskinan bisa diturunkan,” jelas Wakil Walikota.

Sementara itu dalam laporan ketua panitia yang dibacakan oleh Kasubid Sosial Budaya Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Salatiga Dian Indriasari, disebutkan bahwa tujuan kegiatan adalah untuk membekali TKPK Kota Salatiga dalam melakukan pemantauan yang efektif dan aplikatif.

“Hal ini untuk mendukung peran TKPK dalam menjalankan koordinasi dan pengendalian pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan daerah,” ungkap Dian Indriasari.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu Rabu 22/11 dan Kamis 23/11 di Aula SMA N 3 Salatiga. Sedangkan peserta sebanyak 100 orang yang terdiri dari Kepala OPD, anggota kelompok kerja serta sekretariat TKPK Kota Salatiga.

Selain Wakil Walikota, narasumber kegiatan tersebut antara lain; Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Salatiga, unsur Bappeda Provinsi Jawa Tengah dan Sekretariat TKPK Provinsi Jawa Tengah. (sg)