SALATIGA – Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-53 tingkat Kota Salatiga tahun 2017, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga bekerjasama dengan pemangku kepentingan di bidang kesehatan menggelar rangkaian kegiatan mulai pemerikasaan kesehatan gratis sampai senam massal di Lapangan Pancasila, Minggu 12/11.

Tak hanya ribuan masyarakat, rangkaian kegiatan yang dibuka dengan senam massal tersebut diikuti oleh Walikota, Wakil Walikota serta jajaran Forkopimda Kota Salatiga. Dalam sambutannya, Walikota Salatiga Yuliyanto berpesan kepada masyarakat untuk selalu berperilaku hidup sehat.

“Kesehatan adalah aset yang sangat berharga. Perilaku hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga, sesuai dengan tema peringatan kali ini yaitu ‘Sehat keluargaku, sehat Indonesiaku’. Tularkan perilaku hidup sehat, mulai dari keluarga untuk Indonesia. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Walikota.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga Siti Zuraidah menjelaskan bahwa selain pemeriksaan kesehatan gratis, ada pula beberapa kegiatan serupa misalnya konsultasi gizi, konsultasi kesehatan, pemeriksaan golongan darah, konsultasi penggunaan obat rasional dan juga konsultasi perawatan luka.

“Seluruh rangkaian kegiatan tersebut gratis. Bahkan kami juga sediakan doorprize bagi pengunjung stan-stan kesehatan seperti kulkas, tv led, mesin cuci, sepeda gunung dan seterusnya. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama DKK Salatiga dengan lembaga-lembaga kesehatan seperti rumah sakit di Salatiga,” jelas Siti Zuraidah.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula piala dan penghargaan tiga lomba kesehatan yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Dalam Lomba Kelurahan Bebas Jentik, juara I diraih Kelurahan Blotongan, Juara II Kelurahan Dukuh dan Juara III Kelurahan Kutowinangun Kidul.

“Untuk lomba cerdas cermat kesehatan, juara I SMP Stella Matutina, SMP Kristen 2 Salatiga dan Juara III MTs Negeri Salatiga. Sedangkan lomba Duta Sanitasi total berbasis masyarakat Juara I adalah Ratih Wintang Kinaryosih dari SD Muhammadiyah Plus Salatiga, Juara II Qeysha Angelica Hadi dari SD N Ledok 02 Salatiga dan Juara III adalah Ibel Aqilla dari SD N Kutowoinangun 08 Salatiga,” pungkas Plt Kepala DKK Kota Salatiga. (sg)