SIDOMUKTI – Memperingati Haul ke-3 KH. Zoemri RWS, Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam (PPTI) Al Falah bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI serta Pemkot Salatiga mengadakan Dialog Publik dengan tema “Merawat Kebhinnekaan untuk Indonesia Damai dan Sejahtera” di Aula Utama PPTI Al Falah Salatiga, Kamis 06/09.

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut antara lain Direktur Informasi dan Komunikasi Manusia dan Kebudayaan Kementerian Kominfo RI, Wiryanta, Walikota Salatiga, Yuliyanto, Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris serta perwakilan Forkopimda Kota Salatiga.

Hadir pula selaku narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain Walik Ketua Jaringan Gusdurian, Dr. KH Abdul Moqsith Ghazali, Rohaniwan sekaligus aktivis sosial Romo Aloysius Budi Purnomo Pr, Staf Khusus Menteri Kominfo Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto, SH, MSi dan Staf Kepresidenan RI, Munajat Ph.D.

Dalam sambutannya Walikota mengatakan bahwa tema dialog publik tersebut mempunyai nilai yang strategis terutama menjelang pesta demokrasi terbesar di Indonesia yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif tahun 2019.

“Sikap dan perilaku saling menghormati, menghargai, dan toleransi sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga kondusivitas dan keharmonisan masyarakat baik dalam kehidupan nyata maupun dunia maya. Kami juga berharap agar iklim kondusif di Salatiga dapat ditularkan ke berbagai daerah di Indonesia,” jelas Walikota.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Informasi dan Komunikasi Manusia dan Kebudayaan Kementerian Kominfo RI, Wiryanta. Ia mengatakan bahwa merawat kebhinnekaan adalah tugas semua warga negara. Ia juga mengingatkan bahwa Indonesia dibangun dari keanekaragaman dan perbedaan, yang mempunyai persamaan niat membentuk negara Indonesia.

Selain dialog publik yang diikuti ratusan masyarakat tersebut, memperingati Haul ke-3 KH. Zoemri RWS yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam (PPTI) Al Falah, diselenggarakan pula pentas reog dan pagelaran wayang kulit dengan lakon Pandawa Binangun dengan dalang Ki Medhot Soedharsono dan bintang tamu Kirun Cs. (sg)