Balaikota –  Sekda Kota Salatiga menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Halaman Pemkot Kota Salatiga, Sabtu (1/5). ASN di lingkungan Pemkot Salatiga diharapkan terus merawat  dan merealisasikan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari.

Pancasila merupakan  dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang telah digali oleh para pendiri bangsa  dan merupakan suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Menurutnya, kita sebagai bangsa yang besar harus terus menanamkan Pancasila di berbagai sendi kehidupan di masyarakat.

“ Sebagai bangsa kita harus terus merealisasikan nilai-nilai Pancasila. Kita akui eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila tersebut, “ Jelas Drs Fakruroji  saat membacakan sambutan Kepala BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Republik Indonesia di hadapan seluruh ASN Pemkot Salatiga.

Melalui peringatan ini, proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus terus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“ Meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita peringati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride),” Bebernya.

Lebih lanjut, keberagaman yang ada di Indonesia secara alami dan kultural bisa dikelola dan dikembangkan untuk membangun tamansari kebudayaan dan memungkinkan semua makhluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat. Karena, lanjut Dia bahwa Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua.

“ Ini menjadi sebuah keyakinan dan pendirian yang harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Itu semua ada di dalam  Pancasila,” Pungkasnya.

Sementara itu, hal yang tak biasa terlihat pada pelaksanaan upacara kali ini. Ada beberapa ASN dari pemerintah pusat/kementrian yang mengikuti upacara hari lahir Pancasila di halaman pemkot Pancasila. Mereka adalah ASN yang sudah mudik hari raya ke kampung halaman.