BALAIKOTA – Keluarga merupakan landasan utama yang mempunyai peran penting dalam menggerakkan pembangunan suatu bangsa. Karenanya masyarakat diharapkan untuk lebih memberikan perhatian terhadap peran dan fungsi masing-masing anggota keluarga dalam suasana komunikasi dan interaksi yang harmonis.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 Tingkat Kota Salatiga di Halaman Pemkot Salatiga, Senin 27/08.

“Berikan perhatian lebih terhadap peran dan fungsi masing-masing anggota keluarga dalam suasana komunikasi dan interaksi yang harmonis, sehingga kita bisa mewujudkan Anak Jawa Tengah yang Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat atau disingkat GENIUS,” jelas Wakil Walikota.

Ia juga mengatakan bahwa dari keluargalah karakter seorang penerus bangsa akan terbentuk. Keluarga adalah landasan utama dalam menggerakkan pembangunan suatu bangsa dengan mengedepankan empat pendekatan keluarga yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga peduli dan berbagi.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula berbagai piala, penghargaan dan hadiah lomba yang telah dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk dan KB) Kota Salatiga belum lama ini. Lomba tersebut antara lain lomba Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), lomba yel-yel KB, lomba Pidato Kependudukan, lomba Paduan Suara, lomba nge-rap dan Duta Genre Tahun 2018.

Adapun pemenang lomba pidato kependudukan kategori putra berurutan mulai Juara 1 sampai Juara 3 adalah Anugrah Musthofa Syahid dari Pusat Informasi Konseling (PIK) Grissa SMP N 1 Salatiga, Albert Margalay dari PIK Smandda SMA N 2 Salatiga dan Sandi Arrahman dari PIK Pondok Ceria SMP N 2 Salatiga.

Untuk kategori putri lomba pidato kependudukan berurutan mulai Juara 1 sampai Juara 3 adalah Shaidah Fatwa Nur Aini dari PIK Grissa SMP N 1 Salatiga, Eulis Fitriyani dari PIK Ezpanza SMP N 8 Salatiga dan Maria I.D Hita dari PIK Pondok Ceria SMP N 2 Salatiga.

Sementara itu untuk lomba paduan suara Juara 1 sampai Juara 3 berurutan sebagai berikut: Kridussa Conseling Center SMP Kristen 2 Salatiga, PIK Grissa SMP N 1 Salatiga dan Stenza Conseling Center SMK N 2 Salatiga. Untuk lomba nge-rap Juara 1 sampai Juara 3 sebagai berikut: Benedictus Evan dari PIK Pondok Ceria SMP N 2 Salatiga, Monica Yoshe Dhinora dari SMK N 2 Salatiga dan Dwi Retno dari PIK Remaja Ceria SMP N 7 Salatiga.

Sedangkan lomba generasi berencana (genre) untuk kategori putra Juara 1 sampai Juara 3 berurutan adalah Arif Saputra dari SMK N 2 Salatiga, Athanasius Allan Darma dari PIK Pondok Ceria SMP N 2 Salatiga dan Aji Santoso dari PIK Sahajasa IAIN Salatiga. Untuk ketegori putri dalam lomba yang sama adalah Gracia Christabeth Azallia dari PIK Grissa SMP N 1 Salatiga, Dayinta Zahra dari PIK Pondok Ceria SMP N 2 dan Terravita Ikrama Dima dari PIK Argopuro Argomulyo Salatiga.

Terakhir adalah Juara untuk lomba UPPKS dari Juara 1 sampai Juara 3 berurutan sebagai berikut Kelompok UPPKS Mutiara Kel. Bugel, Juara 2 adalah UPPKS Sejahtera Kel. Tingkir Tengah dan Juara 3 adalah UPPKS Melati Kel. Mangunsari. (sg)