Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Fakruroji mengungkapkan bahwa Dharma Wanita memiliki peran strategis dalam pembangunan bangsa termasuk di Kota Salatiga. Demikian disampaikannya dalam peringatan HUT Ke-19 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Tingkat Kota Salatiga di Aula BKDiklatda, 11/12.

Turut Hadir dalam peringatan HUT Dharma Wanita tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ny. Titik Kirnaningsih Yuliyanto yang juga penasehat DWP Kota Salatiga. Kepala OPD dan pengurus DWP lintas instansi juga turut dalam seremoni tersebut.

Ketua DWP Kota Umi Fakruroji dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan ketua DWP Pusat. Selain diisi dengan pemotongan tumpeng oleh Penasihat DWP Kota dan diberikan kepada Ketua DWP Kota, salanjutnya dipotong pula kue oleh Sekretaris Daerah yang diberikan pula kepada ketua DWP Kota.

Umi Fakruroji dalam keterangannya menjelaskan bahwa HUT Ke-19 DWP Tingkat Kota Salatiga diisi dengan berbagai kegiatan antara lain; lomba senam, lomba memasak jamur, seminar kepemimpinan perempuan dan puncak seremoni HUT DWP. Diberikan pula piala bagi para pemenang lomba.

Sebelum seremoni peringatan didahhului seminar Partisipasi Perempuan dalam Pembangunan (dan peran DWP) dengan pemateri Sri Satuti Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Fakruroji Sekda.

Fakruroji dalam paparannya mejabarkan pola pembangunan yang sekarang membuka peluang bagi para perempuan untuk turut serta. “Jika dahulu pembangunan dari atas kebawah, namun sekarang dari bawah ke atas. Dan indikator pembangunan keberhasilannya juga dinilai dari seberapa besar peran masyarakat termasuk peran perempuan,” jabar Fakruroji.