Salatiga – Pemerintah Kota Salatiga kembali mendapatkan piagam penghargaan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2018 dengan opini WTP. Penghargaan ini diharapkan bisa menjadi trigger dalam menciptakan kerangka hubungan keuangan yang baik.

Penghargaan ini disampaikan oleh Sulaimansyah, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaraan Provinsi Jawa Tengah kepada Walikota Salatiga Yuliyanto di Rumah Dinas Walikota, Senin (21/10).

“Menteri Keuangan menitipkan kepada kami untuk memberikan apresiasi kepada Kota Salatiga yang telah mendapatkan WTP untuk ketiga kalinya (tahun 2016, 2017 dan 2018). Mudah-mudahan akan  menjadi trigger Kota Salatiga dengan pemerintah pusat dalam kerangka hubungan keuangan, untuk menciptakan pemerintahan yang good government dan clean governance,”ujar Sulaimansyah.

Dirinya menambahkan bahwa keberhasilan untuk kota Salatiga harus bisa dipertahankan terus. Sehingga kinerja pemerintahannya bisa terus berada di jalur yang benar.

“Jangan meniru daerah lain, Ada yang sudah WTP sekian puluh kali tetapi masih dijumpai  Operasi Tangkap Tangan (OTT). Ini kita sayangkan, justru pemanfaatan APBD  harus dipergunakan untuk kemakmuran rakyat,”tambahnya.

Walikota Salatiga mengaku berterimakasih atas penghargaan yang diberikan dari Kementrian Keuangan kepada kota ini. Dirinya menyatakan bahwa penghargaan  tersebut merupakan hasil bersama atas  sinergitas  dan koordinasi yang sudah dibangun secara apik selama ini.

“Penghargaan ini sebetulnya tidak hanya kebanggaan saja namun juga menjadi beban kita , untuk terus menjaga dan konsisten terhadap ketaatan dan mengelola pemerintah daerah  menjadi baik,”beber Yuliyanto.

Orang nomor satu di Kota ini menganggap bahwa keberhasilan yang diraih Kota Salatiga  harus dijaga bersama-sama dan terus kita kawal.

“Penghargaan, piala dan sertifikat yang kita terima bukan merupakan tujuan. Ini menjadi tanggung jawab kami, tugas kami untuk senantiasa konsisten terhadap tata kelola pemerintahan yang baik di Kota Salatiga. Penghargaan ini adalah bonusnya,”tuturnya.

Selain piagam penghargaan, juga diberikan buku kajian fiskal regional tahun 2018 kepada Walikota Salatiga dan dilakukan MOU (Nota Kesepahaman) tentang kerja sama penguatan koordinasi pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan negara/daera sebagai wujud untuk meningkatkan sinergi bersama antara pemerintah pusat dengan Kota Salatiga.