Salatiga – Wakil Walikota Salatiga mengajak agar komitmen untuk mendukung Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) terus ditingkatkan. Hal ini penting dilakukan, karena pengarusutamaan gender mampu meningkatkan kesejahteraan sosial, perlindungan anak dan kesetaraan gender.

“Pemeritah menyadari akan pentingnya pengarusutamaan gender. Sehingga masuk dalam RPJMD tahun 2017-2022 dalam misi yang kedelapan yakni meningkatkan kesejahteraan sosial, kesetaraan gender dan perlindungan anak. Keberhasilan yang dicapai merupakan peran serta aktif perangkat daerah kota Salatiga,”jelas Muh Haris SS MSI dalam sambutannya di Aula Kaloka Bkdiklatda, Senin (19/8).

Menurutnya, isu gender ini merupakan isu yang perlu mendapatkan perhatian. Disamping isu lainnya misal tentang pengelolaan air, lingkungan, pemerintahan yang bersih,dll.

“Saya minta seluruh peserta dapat melanjutkan dan selalu meningkatkan dukungan yang selama ini sudah baik dan sinkron dengan seluruh arahan dan bimbingan,  sesuai dengan RPJMD 2017-2022. Kesetaraan gender merupakan isu penting, harus kita perhatikan karena menjadi komitmen bersama,”bebernya.

Diakui bahwa di tahun 2018 lalu, kota Salatiga mampu meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kategori madya. Penghargaan ini menurutnya merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat atas komitmen Salatiga dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG.

“Hal ini menjadi salah satu indikator program penguatan kelembagaan PUG dan Anak di tahun 2019 nanti. Artinya tercapainya presentase perangkat daerah dalam melaksanakan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) akan dapat tercapai,”tambahnya.

Kegiatan ini akan diadakan selama sepuluh hari mulai dari tanggal 19 Sampai 30 Agustus. Dimana 7  hari pendidikan dilakukan  inclass(di dalam kelas) dan 3 hari observasi di lapangan yakni  di pemerintah kota Batu Jawa Timur. Diklat ini diikuti oleh 40 peserta pejabat pengawas/ekselon IV dan staf potensial yang menangani Perencanaan dan Penganggaran yang Repons Gender (PPRG) di lingkungan pemerintah kota Salatiga.