Salatiga – Pemahaman dalam pengadaan barang dan jasa diharapkan dapat  dilakukan dengan baik. Karena menjadi salah satu faktor penting  bagi pemerintah daerah dalam melihat keberhasilan pembangunan.

“ Pengadaan barang dan jasa sangat penting sebagai pendukung pembangunan. Oleh karena itu, perbaikan dalam proses pengadaan barang dan jasa baik di pemerintah daerah merupakan suatu keharusan, agar prosesnya dapat berlangsung secara transparan, akuntabel, efisien dengan tata kelola yang baik,” Papar Wakil Walikota Kota Salatiga  H Muh Haris SS Msi saat memberi sambutan pada kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pengadaan barang dan jasa dan ujian sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa di Ruang Kalitaman Gedung Setda Lantai 2 Pemkot Salatiga, Senin (18/2). Menurutnya, pengadaan barang dan jasa ini harus dilakukan secara efektif dan efisien serta tidak menyimpang dari ketentuan peraturan yang berlaku. Mengingat volume pengadaan barang dan jasa yang relatif tinggi, tentu saja memerlukan dukungan kualitas dan kuantitas SDM yang memahami mengenai proses pengadaan barang dan jasa tersebut.

“ Melalui bimtek ini, pemerintah kota Salatiga berupaya dan terus memfasilitasi serta  mendorong aparatur agar memiliki kemampuan yang baik dalam menyusunnya,” Imbuhnya.

Dirinya berharap agar dapat memanfaatkan bimtek ini sebagai media pengembangan diri untuk mencapai profesionalitas dan integritas moral dalam mewujudkan proses pengadaan barang dan jasa sesuai standar peraturan dan pedoman yang berlaku.

Sementara itu, Suryana Adi Setiawan selaku Kabag Pembangunan Setda Kota Salatiga mengatakan bahwa kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan PNS di kota Salatiga dalam mempelajari pengadaan barang dan jasa pemerintah. Selain itu, diharapkan akan menambah jumlah PNS yang mempunyai sertifikasi dan lulus uji bintek  pengadaan barang dan jasa tersebut.

“ Kegiatan ini sangat baik dan penting. Bintek ini juga didukung oleh Universitas Diponegoro (Undip) pada badan pengelola unit pelayanan pengadaan barang,” Ujarnya.

Sebagai informasi bimtek ini diikuti oleh  40 orang PNS kota Salatiga yang belum pernah mengikuti bimtek serupa. Materi bimtek dilakukan melalui diskusi, tanya jawab, dan simulasi ujian untuk sertifikasi. Pematerinya sendiri adalah dari Balai Pelatihan ULP UNDIP dan fasilitator dari LKPP untuk ujian sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa pemerintah. Sedangkan untuk ujiannya  sendiri akan dilaksanakan di lab komputer di Bkdiklatda Kota Salatiga.