Wakil Walikota Salatiga Muh Haris memimpin langsung pemusnahan KTP-El yang invalid dan kadaluarsa di halaman Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), 19/12.  Pemusnahan tahap 2 ini, Pemkot memusnahkan 5.206 KTP-El, sebelumnya pada tanggal 13 Disdukcapil telah memusnahkan 4.290 keping KTP-El.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Gati Setiti, Kepala Disdukcapil Noegroho Agoes Setijono, Kepala Satpol PP Yayat Nur Hayat dan perwakilan dari Porles Salatiga IPTU Sihwiyono. Pemsunahan KTP-El tersebut dalah melaksanakan perintah pusat. “Sebelumnya KTP-El yang invalid kita gunting dan kirim kepusat. Namun tanggal 13 Desember kemarin ada instruksi untuk melakukan pemusnahan di daerah masing-masing,” terang Kepala Disdukcapil.

Dalam kesempatan tersebut juga ditandatangani berita acara pemusnahan oleh wakil walikota, kepala Disdukcapil, dan saksi-saksi. Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap validitas data kependudukan Kota Salatiga.

“Tentu tujuan kami pemerintah Kota Salatiga dari kegiatan ini adalah sebagai wujud pengamanan. Yaitu untuk memberikan kepastian data kependudukan di Kota Salatiga yang valid serta siap jadi bahan pemilu 2019 yang jujur dan transparan. Selanjutnya tidak ada peluang disalahgunakan oleh pihak manapun, sehingga dinas bersama KPU dan Bawaslu serta masyarakat siap bekerja sama dan mantab menyamburt pemilu,” Muh Haris memberikan keterangan.