Salatiga(20/5), Pemerintah Kota Salatiga Gelar Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dengan upacara di halaman di Kompleks Perkantoran Sukowati. Upacara tersebut di hadiri oleh segenap anggota Forkopimda dan perwakilan ASN dari seluruh OPD di lingkunga Pemkot Salatiga.

Menyambut peringatan tersebut dalam sambutan Mentri Kominfo yang dibacakan langsung oleh Walikota Salatiga Yuliyanot, SE, MM, pemerintah kembali mengingatkan kepada segenap masyarakat untuk kembali bangkit. Sejurus dengan tema harkitnas tahun ini adalah “Bangkit untuk Bersatu”. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.” Ujar walikota.

Bangsa ini adalah bangsa yang besar. Yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad. Kuncinya ada dalam dwilingga salin suara berikut ini: gotong-royong. Ketika diminta merumuskan dasar negara Indonesia dalam pidato di hadapan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, Bung Karno, menawarkan Pancasila yang berintikan lima asas. Namun Bapak Proklamator Republik Indonesia tersebut juga memberikan pandangan bahwa jika nilai-nilai Pancasila tersebut diperas ke dalam tiga sila, bahkan satu “sila” tunggal, maka yang menjadi intinya inti, core of the core, adalah gotong-royong.

Dengan bertumpu pada kekuatan jumlah sumber daya manusia dan populasi pasar, Indonesia diproyeksikan akan segera menjemput harkat dan martabat baru dalam aras ekonomi dunia. Bersama negara-negara besar lainnya seperti Tiongkok, Amerika Serikat, India, ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi sepuluh besar, bahkan lima besar dunia, dalam 10 sampai 30 tahun mendatang. Kuncinya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja. Kita harus jaga agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan. Lanjut Walikota

Mengakhiri sambutan Yuliyanto mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional dan mengajak seluruh peserta upacara yang hadir untuk tetap mempebaharui semangat gotong royong dan kolaborasi, yang akan membawa Indonesia menuju  kejayaan dalam pentas global.