Salatiga(14/8), Sebanyak 155 ahli waris menerima Bantuan Santunan Kematian Keluarga Miskin ( BKKSM ) Kota Salatiga Tahun 2019. Para ahli waris tersebut berasal dari 4 kecamatan di Kota Salatiga, dengan jumlah bantuan sebanyak Rp.  1 juta.  “Seluruh penerima BSKKM merupakan para ahli warsi yang sudah mengajukan bantuan, dari permintaan tersebut kemudian kami cocok kan dengan database kami untuk dipastikan bahwa penerimanya memang dari keluarga miskin.” Ujar Sri Handayani, Kabid Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Kota Salatiga. Untuk jumlahnya dananya kami menyesuaikan dengan Perwali no. 24 tahun 2017 tentang pedoman pelaksanaan pemberian bantuan  Sosial yang bersumber dari APBD dan Keputusan walikota Salatiga Nomor 900/137/2019, tentang penerima Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2019 tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Walikota salatiga Muh. Haris SS, M.Si menyampaikan bela sungkawa dan berharap agar bantuan yang diberikan dapat diterma dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Mohon Para bapak dan Ibu sekalian untuk tidak melihat jumlahnya, saya berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan semoga tahun kedepan bantuannya dapat terus ditingkatkan jumlahnya, namun penerimanya harus semakin sedikit, Artinya semakin sedikit penerima berarti angka kemiskinan di Salatiga semakin menurun.” Kata wawali.

Seperti diketahui bahwa pemberian bantuan BSKKM merupakan salah satu upaya pemerintah kota dalam mendukung percepatan program penanggulangan kemiskinan di daerah.