Salatiga(27/11), Dalam rangka peningkatan mutu pelayanan dan kepuasan masyarakat pada instansi-instansi yang melaksanakan pelayanan public secara langsung kepada masyarakat, Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) meluncurkan sebuah aplikasi antrian yang dapat diakses secara online, sehingga masyarakat pengguna layanan dapat mendapatkan nomor antrian langsung dari telpon pintar miliknya.

Pada saat peluncuran aplikasi antrian online tersebut Kepala Dinas Kominfo Salatiga Nasirudin mengatakan bahwa permasalahan utama antrian yang terjadi pada badan layanan publik adalah waktu yang lama dan informasi yang tidak dapat diakses secara online. Masyarakat yang datang harus menunggu lama untuk mendapatkan gilirannya, sementara di era yang serba online ini seharusnya informasi antrian harus dapat diakses secara mudah tanpa harus datang ke lokasi. Pada saat yang sama Kepala Bidang Aptika, Tri Prawiati menyampaikan bahwa aplikasi ini dapat memberikan informasi nomor antrian yang pada saat tersebut sedang dilayani, sehingga masyarakat tidak perlu menunggu dilokasi, sehingga cukup menunggu di rumah saja, dan memperkirakan sendiri kapan harus datang agar tidak perlu menunggu di lokasi terlalu lama. “Ini bisa untuk melihat nomor antrian yang sedang dilayani jadi tidak perlu menunggu disana terlalu lama, selain itu aplikasi ini dapat digunakan oleh semua instansi layanan public baik pemerintah BUMD maupun perbankan secara gratis, hanya saja pengguna aplikasi harus menyediakan sendiri peralatan seperti perangkat computer dan sebagainya.” Ujar tri Prawiati.

Membuka peluncuran aplikasi antrian online, Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris memberikan apresiasi yang tinggi atas diluncurkannya aplikasi ini, sehingga dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik.