BALAIKOTA – Untuk meningkatkan kesiapan semua sektor strategis seperti ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat, kesiapan insfrastruktur dan pengamanan menjelang melonjaknya arus lalu lintas pada Bulan Puasa tahun 2017, Pemkot Salatiga melalui Bagian Perekonomian Setda mengadakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Persiapan Menghadapi Bulan Puasa dan Lebaran 2017 di Ruang Rapat Kalitaman Gedung Setda Kota Salatiga, Jumat 19/05.

Dalam sambutan Pj Walikota Salatiga yang dibacakan oleh Asisten Pembangunan dan Perekonomian Sekda, Daryadi, Pj Walikota menekankan pentingnya menjaga ketersediaan bahan pokok, mengantisipasi inflasi harga dan mewaspadai kerawanan sosial. “Jelang bulan puasa, masyarakat senantiasa dihadapkan pada kenaikan harga bahan pokok seiring dengan meningkatnya permintaan. Hal ini akan menimbulkan gejolak sosial jika tidak diantisipasi,” ujar Daryadi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda juga mengingatkan akan pentingnya menyiapkan infrastruktur dan juga keamanan mengadapi arus mudik lebaran 2017. “Salatiga ini merupakan jalur mudik yang cukup ramai. Kami mengajak instansi terkait untuk bersama-sama mempersiapkan diri untuk menjaga kelancaran, keamanan memberikan pelayanan kepada masyarakat pada saat tradisi mudik,” jelas Daryadi.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Kasubbag Bina Produksi Daerah, Isa Ansori mengatakan bahwa rakor tersebut diikuti oleh Tim Pengandali Inflasi Daerah (TPID) yang terdiri dari berbagai unsur seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Polres Salatiga, Kodim 0714 Salatiga, Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Salatiga, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Salatiga, Badan Pusat Statistik (BPS) Salatiga dan Kantor Bulog Bawen.

Bertindak selaku narasumber dalam kegiatan ini antara lain: Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga Muthoin, Kepala BPS Salatiga Henri Wagiyanto, Kabag Ops Polres Salatiga Kompol Sairi dan Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Salatiga Agung Nugroho. Sedangkan moderator pada rakor tersebut adalah Kepala Bagian Perekonomian Rohadi. (sg)