Salatiga(17/6), Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan ketika memasuki masa pensiun, seperti Ekonomi, Psikologis ataupun Fisik. Demikian disampaikan oleh Walikota Salatiga Yuliyanto, SE, MM ketika memberi arahan kepada 40 orang peserta Pembekalan pension dan Pelatihan Kewirausahaan yang di gelar oleh BKDiklatda Kota Salatiga di Ruang Pertemuan Bank Jateng Cabang Salatiga. “ Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, soal ekonomi, tentunya jika sudah pensiun pendapatan sudah tidak lagi seperti dulu, soal fisik karena usia sudah semakin bertambah tentu kegiatan juga sudah harus diatur sedemikian rupa. Begitu juga kita harus mempersiapkan diri menghadapi pensiun, jika biasanya memberikan perintah ketika pensiun tentunya sudah tidak lagi bisa seperti itu.” Ujar Walikota.

Apapun profesinya, pensiun merupakan hal yang pasti dilalui sehingga memang harus di hadapi dengan semangat. Untuk menghadapi pensiun, perlu mengubah cara pandang dengan memberikan persiapan. Kesiapan memanfaatkan kesempatan merupakan elemen mendasar menjelang masa pensiun yang akan dihadapi nanti. Seperti pelatihan yang dilaksanakan oleh BKDIklatda ini merupakan salah satu kesempatan bagi bapak, ibu semua jelang masa pensiun tambah Walikota.

Seiring dengan Walikota Kepala BKDiklatda Drs. Muthoin, M.Si menyampaikan bahwa sesuai dengan aturan yang berlaku bahwa PNS yang memasuki masa pensiun perlu dibekali dengan pelatihan sebagai bekal dalam menjalani masa pensiunnya, kegiatan ini diharapkan dapat menyiapkan mental dan psikologis, memberikan motivasi sekaligus membuka wawasan yang komprehensif mengenai kewirausahaan yang dapat dijadikan sebagai referensi sehingga para pensiunan dapat lebih optimis dan dapat lebih mengembangkan diri untuk tetap menjadi personal yang produktif.

Materi yang diberikan adalah motivasi spiritual, motivasi bisnis dan praktek kunjungan lapangan, dengan mendatangkan pemateri dari akademisi, dan praktisi bisnis. Pelatihan dilaksanakan sejak hari senin 17/6 sampe hari Jumat 21/6.