Balaikota – Peringatan hari lahir Pancasila ke-73 tahun tanggal 1 Juni 2018 dilaksanakan dengan penuh hikmat seluruh ASN di Pemerintahan Kota Salatiga bersama forkompinda di Halaman Pemkot Kota Salatiga, Jumat(1/6). Peringatan ini dijadikan momentum untuk lebih mengingat dan mengaktualisasi nilai-nilai dalam pancasila.

“ Sungguh pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan, pemikiran dan kejernihan batin para founding father Indonesia yang menetapkannya sebagai pemersatu bangsa dari segala perbedaan, “ Kata Wakil Walikota Salatiga, H. Muh Haris, SS., M.Si saat membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia pada peringatan hari lahirnya Pancasila ke-73 tahun. Menurutnya, lahirnya pancasila harus kita maknai secara bersama-sama, dengan nilai luhur di dalamnya. Sehingga apa yang dicita-citakan oleh bangsa bisa terus dilakukan seperti menjaga ketertiban bangsa, menjaga kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

“ Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada founding father kita  atas warisan nilai leluhur nusantara, demi persatuan, kesatuan bangsa dan  pancasila yang saat ini kita nikmati. Saya juga tekankan kepada generasi penerus bangsa selalu menanamkan pemahaman dan pengalaman pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” Tegas Haris.

Dirinya mengajak untuk melakukan lompatan yang besar, meningkatkan sumberdaya manusia yang unggul dan tangguh. Kata dia, semangat  berprestasi ini  harus tertanam untuk seluruh masyarakat. terus bergelora dan di seluruh jenis profesi yang ada di masyarakat Indonesia dengan semangat berbagi antar anak bangsa yang menjadi keharusan, dengan etos kepedulian, welas asih dan saling menghargai dengan penuh empati.

“ Seluruh lini bangsa untuk bersama-sama mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari kita. Selamat hari lahir pancasila, kita bersatu, kita berbagi dan kita berprestasi,”Pungkasnya.