Bersama Forkopimda, Waliktoa Salatiga Yuliyanto meresmikan Area Traffic Control System (ATCS) yang dikelola Dinas Perhubungan, 11/6. Adapun ruang CC Roomnya ditempatkan di gedung eks Bagian Humas samping kantor walikota.

Sebelum peresmian dilaksanakan laporan program oleh Ka Dishub Ady Soeprapto di Pendopo Pakuwon Gedung Setda. “Maksud dari pengembangan ATCS adalah untuk meningkatkan aksesbilitas informasi dan data tentang transportasi darat yang mudah, cepat, nyaman, up to date, murah dan bermanfaat. Adapun tujuannya adalah untuk efisiensi dan kenyamanan, meningkatkan kamseltibcar LLAJ, mengantisipasi dampak lingkungan, dan pengintegrasian sistem transportasi,” terang Ady Soeprapto.

“Dengan adanya ATCS kami bisa mengatur waktu hijau dari ruang CC room, sehingga bagi kendaraan yang prioritas seperti ambulance, VVIP, konvoi dan lainnya bisa kita dahulukan. Kita juga bisa memantau kejadian dilokasi, sehingga bila ada kejadian luar biasa bisa kita rekam. Kemarin sempat ada motor berhenti di simpang cebongan ditabrak kijang bisa kita ketahui, dengan demikian hasil rekam bisa dijadikan alat bukti pihak yang berwajib,” tambah Ka Dishub.

Sementara ini baru terpasang dua titik CCTV yaitu di sampang tiga Cebongan dan simpang empat Kecandran. Program tersebut adalah  usulan Kota Salatiga melalui Dishub ke Kementrian Perhubungan tersebut, yang dananya menghabiskan 3 milliar yang dikerjakan oleh pusat. Pemkot dalam hal ini menerima pekerjaan dengan rincian; Jaringan FO sepanjang 8900 meter, dua simpang terkoordinasi di jaringan nasional, yaitu simpang kecandran dan simpang cebongan, serta fasilitas runag pusat kencali (CC Room) ATCS.

Usai pengguntingan pita, walikota beserta Forkopimda dan rekan wartawan berkenan memantau secara langsung kondisi kedua simpang melalui CC Room. Walikota juga berkenan menyampaikan pesan kepada masyarakat yang lewat kedua simpang. “Assalamualaikum, bapak ibu yang sedang berada di simpang Cebongan saya berepesan hati-hati di jalan dan semoga selamat sampai tujuan. Salam dari saya walikota Salatiga Yuliyanto kepada bapak ibu semua dankeluarga di rumah,” pesan yang hampir sama juga disampaikan kepada pengguna simpang Kecandran oleh Walikota.