SALATIGA – Pelaku usaha di Kota Salatiga diharapkan untuk berperan aktif dan membantu Pemerintah Kota Salatiga dalam mewujudkan kesejahteraan bagi warga Kota Salatiga. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris saat membuka kegiatan Business Gathering di Hotel Le Beringin, Rabu, 19/09.

Wakil Walikota mengatakan bahwa para pelaku usaha dan pemerintah mempunyai tujuan yang sama yaitu mewujudkan kesejahteraan. “Berangkat dari perspektif yang berbeda, pelaku usaha dan pemerintah itu mempunyai kesamaan yaitu bertujuan untuk mencapai kesejahteraan. Karenanya sinergi antara dunia usaha dan pemerintah mutlak dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang sama tersebut,” ungkap Wawali.

Wawali juga menyampaikan rasa terimakasih kepada pelaku usaha karena telah membantu pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan dan juga pengangguran. “Angka pengangguran kita ada di angka 4,3% dan angka kemiskinan yang masih berada di angka 5,17%. Angka tersebut tidak akan tercapai tanpa peran nyata dari dunia usaha. Untuk itu saya sampaikan terimakasih kepada para pelaku usaha yang telah berperan dalam mengatasi kedua permasalahan tersebut. Mari kita bersama-sama atasi permasalahan ini,” ajak Muh Haris.

Menyinggung permasalahan perizinan dan penanaman modal, Wakil Walikota memohon maaf apabila pelayanan pemerintah daerah dalam hal tersebut belum memuaskan. Muh Haris juga meminta masukan dan saran dari para pelaku usaha terkait hal tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Panitia Kegiatan, Kepala Bidang Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Salatiga, Suyoto. Ia menyebutkan bahwa kegiatan yang diikuti oleh 45 pelaku usaha, BUMN/D serta perbankan tersebut bertujuan untuk membangun komunikasi antara pemerintah, instansi terkait dan pelaku usaha dalam rangka memajukan dunia usaha. Selain Wakil Walikota, bertindak selaku narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Kepala DPMPTSP Kota Salatiga, Sulistyaningsih. (sg)