Generasi muda Islam hendaknya menyibukkan diri dengan hal-hal positif seperti mempelajari Al Quran, jangan hanya sibuk dengan Handphone (HP) saja. Hal ini disampaikan oleh Pj Walikota Salatiga, Achmad Rofai saat membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kota Salatiga di MTs Negeri Salatiga, Kamis 06/04.

Achmad Rofai mengatakan bahwa kedekatan generasi muda dengan Al Quran hendaknya melebihi kedekatan dengan HP. “HP ini dibawa ke mana-mana, dibaca di mana-mana. Jadi sudah sangat dekat sekali. Saya berharap agar generasi muda dapat menyibukkan diri dengan mempelajari Al Quran, jangan sampai waktu muda Anda tersita oleh HP,” pesan Pj Walikota kepada para peserta MTQ.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Salatiga, Joko Haryono selaku Ketua Panitia Kegiatan dalam laporannya mengatakan bahwa MTQ tahun 2017 ini diikuti oleh 391 peserta. “391 peserta tersebut berasal dari pelajar, santri pondok pesantren dari tingkat SD sampai dengan SMA dan yang sederajat,” jelas Joko Haryono.

Selain sebagai ajang silatirahmi antara pelajar dan santri, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyiapkan kafilah Kota Salatiga dalam kegiatan yang sama di Tingkat Provinsi Jawa Tengah. “Cabang yang dilombakan antara lain Tartilul Qur’an, Tilawatil Qur’an, Tahfidzul Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an dan Kaligrafi,” urai Kabag Kesra ini.

MTQ tersebut secara resmi dibuka dengan pemukulan bas drum oleh Pj Walikota Salatiga, didampingi Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), Kepala Kantor Kemenag Salatiga dan Kabag Kesra Setda. (sg)