Balaikota – Pendekatan secara edukatif dalam pelaksanaan perda dan perwali perlu dilakukan terus-menerus. Karena dengan pendekatan yang lebih preventif inilah, peraturan bisa dipahami dan dimengerti oleh masyarakat.

“ Edukasi kepada masyarakat tentang penegakan hukum, dengan pendekatan secara preventif dan  edukatif dalam rangka pelaksanaan peraturan daerah maupun peraturan walikota sangat dibutuhkan dan diperlukan. Sebab kadang-kadang masyarakat yang melangggar, karena mereka tidak tahu,” Ujar Wakil Walikota Salatiga, H. Muh Haris, SS., M.Si saat menjadi pemimpin upacara pada Launching pelaksanaan Perwali No.29 Tahun 2018 tentang pedoman pelaksanaan penegakan peraturan daerah dan peraturan walikota, ketertiban umum, dan ketentraman masyarakat melalui patroli edukatif di halaman kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Salatiga, Jumat (18/5).

Menurutnya, hal ini harus dilakukan secara kontinyu dan berkelanjutan, dalam upaya melakukan penyadaran dan pemahaman ke masyarakat akan pelaksanaan aturan dan pelanggaran yang ada dengan melakukan patroli edukatif di wilayah kota Salatiga.

“ Saya harap dengan pendekatan ini bisa kita lakukan lebih efektif, masyarakat akan sadar untuk melaksanakan kegiatannya dengan didasari pemahaman terhadap peraturan yang ada,” Imbuh Muh Haris.

Lanjutnya, Sesuai Peraturan Walikota No.29 tahun 2018 tentang pedoman  pelaksanaan pelaksanaan dan peraturan daerah dan peraturan walikota, ketertiban umum, dan ketentraman masyarakat melalui patroli edukatif ini, nantinya diharapkan mampu mewujudkan  ketertiban dan kondusivitas daerah khususnya kota Salatiga. Kata dia, Perwali ini menekankan upaya preventif dengan tetap menjunjung  tinggi hukum dan nilai-nilai  kemanusiaan yang ada.

“ Hal ini memberikan pengertian dan penyuluhan yang baik untuk masyarakat tentang implikasi hukum terhadap pelanggaran yang dilakukan. Selain itu, menfasilitasi laporan masyarakat atas aduan hukum terhadap informasi yang sensitif dan rawan, guna meningkatkan ketertiban daerah, ” Pungkasnya.

Hal Senada juga diutarakan oleh Kepala Satpol PP Kota Salatiga, Yayat Nurhayat, AP., M.Si. Dirinya berharap dengan adanya patroli edukatif ini masyarakat  bisa sadar dan mengerti dengan peraturan yang berlaku tanpa kita menegakkan aturan yang berlanjut. Kalau sudah teredukasi dengan baik namun masih melakukan pelanggaran maka akan dilakukan penegasan dengan aturan lebih lanjut.

“ Saya harap pelaksanaan patroli edukatif bisa berjalan dengan baik dan lancar, seperti yang kita harapkan. Sehingga masyarakat lebih tertib nantinya, “ Jelas Yayat.