SALATIGA – Perayaan Natal bersama Badan Kerjasama Gereja-gereja Salatiga (BKGS) diselenggarakan pada Minggu pagi, dimulai pada pukul 03.30 WIB dengan tema Natal “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud”. Puji-pujian mengiringi dimulainya perayaan. Cuaca yang cerah membuat ribuan umat kristiani Kota Salatiga memadati sebagian besar area Lapangan Pancasila.

Pdm. Andreas Sese Sunarko, M.Th selaku Ketua Panitia Natal 2016 dalam sambutannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan natal ini dimulai dengan pembentukan Panitia Natal pada bulan Mei 2016. Panitia Natal 2016 merancang Rangkaian Natal dalam 3 bentuk kegiatan yaitu, Salatiga Christmas Parade yang diadakan pada tanggal 17 Desember, yang diikuti oleh 34 gereja dan didukung oleh 14 PPA dengan jumlah peserta berkisar 1964 orang. Kegiatan yang kedua Natal umat Kristiani se-Kota Salatiga yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila dan kegiatan yang ketiga Natal sesepuh dan HUT BKGS yang akan diadakan pada tanggal 11 Januari 2017 di Kantor BKGS.

Dalam khotbahnya, Romo Agt.Parso Subroto,MSF menekankan pentingnya toleransi dan kerukunan beragama. Terutama menjelang dilaksanakannya Pilkada serentak yang akan berlangsung pada Tahun 2017 mendatang. Dan tak lupa segenap masyarakat diminta menjaga kebersamaan dan suasana kondusif sehingga tercipta Pilkada yang aman dan tertib.

Di depan Forkopinda Kota Salatiga, Pj. Walikota Salatiga, Drs. Achmad Rofai, M.Si., mengajak masyarakat untuk mencipatakan hidup bersama yang damai dan mensyukuri berkat yang kita terima sepanjang tahun ini. Bapak Pj. Walikota juga berpesan kepada para tokoh agama dan umat Kristiani agar dapat menjadi pelopor, pemersatu bangsa, serta menjadi mitra pemerintah dalama menyelesaikan berbagai permasalahan termasuk di dalamnya mendukung lewat doa dan partisipasi aktif berbagai kebijakan dan program pemerintah. (atw)