SALATIGA –

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1268 Salatiga, Walikota Salatiga Yuliyanto mengajak seluruh warga masyarakat Kota Salatiga untuk meningkatkan rasa toleransi dan juga mewujudkan masyarakat yang Sejahtera, Mandiri dan Bermartabat (SMART).

Hal tersebut disampaikan Walikota dalam amanat pada Upacara Peringatan Hari Jadi ke-1268 yang digelar Pemkot Salatiga di Lapangan Pancasila, Selasa 24/07. “Semoga kota Salatiga senantiasa dilimpahkan keselamatan, kesejahteraan dan kerukunan yang menjadi modal berharga untuk membangun masyarakat dan Kota Salatiga. Mari bersama-sama mempertahankan predikat sebagai Kota Tertoleran, kota yang adem ayem yang telah menjadi rujukan berbagai daerah untuk belajar mengenai keberagaman ini,” kata Walikota.

Walikota juga menyampaikan bahwa dalam dua minggu terakhir Kota Salatiga terasa sangat istimewa dengan adanya rangkaian kegiatan peringatan HUT Salatiga. “Rangkaian kegiatan HUT tersebut ternyata mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat, bahkan masyarakat dari luar Salatiga. Mulai dari resik-resik kutho, wayangan, Salatiga Expo, Sinau Bareng Cak Nun, pameran kearsipan sampai dengan Kirab Budaya dengan Artis Ibu Kota dan Panggung Road To Kilau Raya MNCTV,” urai Yuliyanto.

Rangkaian kegiatan HUT tersebut merupakan perwujudan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk Kota Salatiga. Diharapkan peringatan pada tahun-tahun yang akan datang akan lebih meriah lagi. “Melalui toleransi dan kebersamaan, saya yakin visi Kota Salatiga Sehat, Tertib, Bersih, Indah, Aman yang Sejahtera Mandiri dan Bermartabat (Hati Beriman yang SMART) akan lebih mudah dicapai bersama,” ujar Walikota Salatiga.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula berbagai prestasi yang telah dicapai oleh Kota Salatiga, antara lain predikat Kota Tertoleran untuk kedua kali, Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk yang kedua kalinya pula, Piala Adipura, sampai penghargaan Kota Layak Anak. Selain itu disampaikan pula berbagai penghargaan kepada tokoh-tokoh Kota Salatiga.  Tak lupa, disampaikan pula penghargaan atas prestasi di bidang olahraga yang ditorehkan oleh atlet-atlet asal Salatiga, antara lain dalam ajang ASEAN Para Games ke-9 di Kuala Lumpur dan World Junior Wushu Championship di Brazil yang digelar baru-baru ini.

“Prestasi-prestasi tersebut sejatinya merupakan prestasi kita bersama, yang merupakan bonus dari apa yang kita perjuangkan bersama yakni masyarakat Salatiga Hati Beriman yang Sejahtera, Mandiri dan Bermartabat,” ujar Walikota.

Terpisah Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Salatiga Jumiarto mengatakan bahwa upacara tersebut dilanjutkan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Dharma yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Salatiga. “Upacara HUT Salatiga ini juga dirasa spesial karena Forkopimda dan seluruh ASN di Jajaran Pemkot Salatiga mengenakan beskap bagi bapak, dan kebaya bagi ibu,” pungkas Kabag Humas dan Protokol. (sg)