SALATIGA – Memperingati Hari Pahlawan Tahun 2018, Walikota Salatiga Yuliyanto mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan dedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini. Hal tersebut disampaikan dalam amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 Tingkat Kota Salatiga yang digelar di Lapangan Pancasila, Sabtu 10/11.

Walikota mengatakan bahwa setiap zaman mempunyai pahlawan yang berkiprah di eranya. Berkaitan dengan hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru yang berdedikasi dan berprestasi di bidangnnya masing-masing. “Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan dedikasi dan juga prestasi di bidang yang kita geluti yang pada akhirnya bertujuan untuk memajukan negeri ini,” kata Walikota.

Walikota mengingatkan bahwa peringatan hari pahlawan bukan hanya sebuah acara, tapi harus sarat makna. Bukan hanya prosesi namun substansi peringatan hari pahlawan harus memunculkan semangat baru dalam mengimplementasikan semangat pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Ia menjelaskan bahwa tema Hari Pahlawan tahun 2018 ini adalah Semangat Pahlawan di Dadaku. Hal ini mengandung makna bahwa setiap insan mempunyai nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karena itu siapapun dapat menjadi pahlawan dengan berdedikasi pada hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar dan juga bangsa Indonesia.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa, mulai dari apa yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” urai Walikota.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kota Salatiga dihadiri oleh Danrem 073 Makutarama, Kolonel Erwansjah, Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris, Jajaran Forkopimda Kota Salatiga. Upacara  juga diikuti oleh veteran, pejabat dan staf di Lingkungan Pemkot Salatiga, TNI, Polri, Mahasiswa, Pelajar dari tingkat SMA sampai SD dan juga masyarakat umum.

Rangkaian acara peringatan ditutup dengan apel dan tabur bunga di TMP Dharma Salatiga. Bertindak selaku pembina apel adalah Kapolres Salatiga, AKBP Yimmy Kurniawan. (sg)