Salatiga – Pameran Kearsipan kota Salatiga Tahun 2018 menutup rangkaian kegiatan hari lahir kota Salatiga ke 1268 tahun. Kegiatan yang digagas oleh Persipda Kota Salatiga ini, berlangsung semarak dengan minat pengunjungnya sangat tinggi.

“ Sangat menarik, karena disini ada pameran foto kota Salatiga dari tempo dulu sampai foto  sekarang. Ini bisa menampung kreativitas warga kota Salatiga dan para pelaku kesenian  untuk unjuk diri. Pameran ini merupakan rangkaian terakhir kegiatan hari jadi kota Salatiga,” Ujar Walikota Salatiga Yuliyanto, SE., MM saat membuka pameran kearsipan kota Salatiga 2018 di halaman Dinas Persipda Kota Salatiga, Selasa(24/7).  Menurutnya kegiatan ini sangat positif, kreativitas akan berkesenian dan berkarya akan terus ada. Sehingga masyarakat bisa tahu dan mempunyai rasa bangga terhadap kota Salatiga sebagai kota kelahiran.

“ Seperti yang dilakukan oleh bapak Edi Supangkat salah satunya. Saya berharap dirinya akan menginpirasi para muda untuk mencintai kota ini dalam berkarya, berseni dan berbudaya. Bapak Edi merupakah salah satu contoh warga salatiga yang peduli akan kota ini,” Jelas Yuliyanto.

Dirinya juga mengatakan bahwa Edi Supangkat merupakan tokoh Salatiga yang telah banyak berkarya dalam berkesenian dan bermusik. Saat ini juga akan diperkenalkan lagu putri salatiga yang merupakan karya dari Edy Supangkat. Didalamnya ada dua jenis cd yang berisi lagu ulang tahun kota Salatiga dan video clipnya. “ Karya Edi bisa menjadi contoh. Masyarakat Salatiga pasti akan senang mendengarnya. Hasil karya ini juga bisa didapatkan di toko musik yang ada di kota Salatiga,” Bebernya.

Sementara  itu, Edi Supangkat selaku pencipta lagu putri Salatiga mengatakan bahwa lagu ini merupakan  karya cipta musik  dengan bapak anggun.  Lagu  tersebut merupakan lagu  berbahasa jawa bosanova yang sangat menarik untuk didengarkan. “ Lagu ini merupakan lagu ke-22 tentang kota Salatiga sejak tahun 2007.  Berarti selama 11 tahun terakhir  kami telah menyelesaikan karya 2 lagu per tahun,” Kata Edi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, Slamet Setyo Budi, SE., M.ACC juga sangat senang atas terselenggaranya kegiatan ini. Pameran ini sangat bermanfaat dan dapat mengenalkan kearsipan kepada masyarakat kota Salatiga.

“ Pameran kearsipan dengan tajuk salatiga kuno dan salatiga jaman now mempunyai arti penting karena didalamnya ada hasil dokumentasi foto yang masih sangat terawat. Sehingga anak muda juga akan mengerti akan sejarah kota Salatiga dalam sebuah foto,” Tuturnya.

Sebagai info pameran ini akan di gelar di  halaman dinas persipda kota Salatiga mulai tanggal 24-30 Juli 2018, pukul 08.00-20.00 WIB. Pameran ini juga dalam rangka untuk memperingati hari jadi kota Salatiga ke 1268.