Salatiga – RSUD Kota Salatiga diharapkan bisa  memaksimalkan pemanfaatan IT secara online dalam sisi pelayanan pasien di rumah sakit. Hal ini perlu dilakukan, karena tidak hanya untuk mendekatkan diri ke masyarakat namun bisa meningkatkan kualitas pelayanan.

“ Saya harap kita tidak cepat berpuas diri, karena masih ada hal yang perlu dibenai bersama. Misalnya seperti antrian pelayanan, ini bisa dilaksanakan secara online, karena saat ini kemajuan teknologi sudah sangat cepat. Strategi ini harus kita terapkan disini agar masyarakat bisa melakukan antrian  dengan tidak perlu antri di rumah sakit, tetapi bisa dilakukan lewat gadget, dimanapun mereka berada, ” Tegas Walikota Salatiga Yuliyanto, SE., MM usai berhalal bihalal dan tasyakuran di halaman RSUD Kota Salatiga, Selasa (26/6). Menurutnya setelah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Salatiga berhasil meraih akreditasi bintang 5, sebaiknya pelayanan dalam rumah sakit tersebut terus dijaga dan ditingkatkan terus.

“ Dengan kecanggihan IT yang ada, kecepatan pelayanan ke pasien akan lebih cepat lagi. Sehingga setibanya di RSUD, mereka hanya akan menunggu 5-10 menit saja, sudah langsung dilayani dan diperiksa oleh dokter,” Ujar Yuliyanto.

Lanjutnya, sertifikat ijin operasional dan penetapan kelas rumah sakit yang telah dikeluarkan, dimana didalamnya telah disebutkan RSUD kota Salatiga ini sebagai rumah sakit umum  kelas B dengan ijin operasional yang berlaku sampai tahun 2023 mendatang.

“ Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada RSUD karena telah mempertahankan predikat akreditasi bintang 5 ini. Predikat tertinggi dalam bidang pelayanan kesehatan ini artinya dalam pelayanan, sarana prasarana, sumber daya manusia, dll sudah diakui secara paripurna. Tentunya hal ini tidak mudah kalau dilakukan oleh seorang direktur saja. Akan tetapi, kalau dilakukan secara bersama-sama dan bersinergi tentunya apa yang menjadi tujuan bersama dapat terwujud,” Tambahnya.

Selain itu, walikota juga dalam kesempatan ini menyampaikan permintaan maaf lahir batin usai merayakan hari raya idul fitri 1439 H kepada seluruh karyawan RSUD Kota Salatiga.

“ Idul fitri ini kita jadikan momentum untuk lebih baik dan menjadi pribadi yang bermanfaat untuk sesama. Saya berharap halal bihalal ini menjadi media untuk mewujudkan silaturahmi, kesempurnaan dan toleransi antar  umat beragama. Momentum ini juga untuk mempererat dan memperkuat silaturahmi antar kita semua,” Pungkasnya.

Wakil Walikota Salatiga H. Muh Haris, SS., M.S juga menyampaikan bahwa dalam memaknai syawal kali ini, kita harus menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi orang lain dan tetap bermanfaat.

“ Kita bisa saling memberi, saling meminta maaf, ada silaturahmi diantara kita, juga ada semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik menjadi produk kebaikan. Saya ajak untuk selalu menjaga  lisan dan perbuatan kita  yang mungkin bisa menyakiti orang lain,” Pintanya.