Bahan makanan lokal ketika dikemas dengan menarik maka akan memiliki nilai dan daya tarik tersendiri.  Hal ini terbukti dengan adanya beragam olahan bahan lokal non beras dan non terigu yang diadu dalam ajang Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kota Salatiga Tahun 2017, Rabu (23/8).

Lomba yang digelar di Pendopo Pakuwon Sekretariat Daerah Kota Salatiga ini diinisiasi oleh Dinas Pangan Kota Salatiga bekerjasama dengan TP PKK Kota Salatiga. Hadir sebagai tim juri yakni perwakilan dari TP PKK Kota Salatiga, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, IKABOGA dan Institusi Pendidikan.

“Sedangkan kriteria penilaian yakni keseimbangan porsi, keanekaragaman bahan, kreativitas, cita rasa dan cara penyajian,” terang Husnani, Kepala Dinas Pangan Kota Salatiga.

Dalam laporannya, Husnani mengungkapkan bahwa peserta terdiri dari 18 kelompok yang berasal dari Kelurahan se-Kota Salatiga. Para peserta tersebut diwajibkan menyajikan beragam menu makanan sehari-hari yang terbuat dari aneka bahan pangan lokal seperti pisang, ubi, singkong, jagung, kentang, dll yang diolah menjadi pengganti nasi. Menu tersebut kemudian dipadukan dengan sayur, lauk pauk dan buah yang disajikan secara menarik dan unik.

Terpilih sebagai tiga pemenang lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kota Salatiga Tahun 2017 yakni :

Juara I          : TP PKK Kelurahan Ledok

Juara II        : TP PKK Keluarahan Tingkir Lor

Juara III       : TP PKK Kelurahan Gendongan

Piagam penghargaan dan uang pembinaan bagi para pemenang diserahkan langsung oleh Walikota dan Wakil Walikota Salatiga didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Salatiga dan Kepala Dinas Pangan Kota Salatiga. Kemudian dilanjutkan dengan mencicipi aneka menu makanan yang disajikan oleh para peserta.

Ketua TP PKK Kota Salatiga, Ny. Ida Farida Haris mengungkapkan bahwa tujuan utama diadakan lomba tersebut adalah untuk membudayakan pengolahan pangan lokal dengan memperhatikan unsur B2SA yang memenuhi unsur karbohidrat, protein, maupun vitamin & mineral dalam menu makanan sehari-hari masyarakat Kota Salatiga.

Pemenang juara satu akan mewakili Kota Salatiga dalam ajang yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2018 mendanga. Selain lomba Cipta Menu B2SA, acara juga di rangkai dengan kegiatan Sosialisasi Pengolah Pangan Lokal kepada 60 anggota TP PKK tingkat Kota, Kecamatan dan Kelurahan.