Sebanyak 205 CPNS Golongan III Pemerintah Kota Salatiga periode 2018 mengikuti prosesi penutupan Latihan Dasar, yang diselenggarakan oleh BKDiklatda Kota Salatiga bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan SDM Daerah Provinsi Jawa Tengah di Pendopo Gedhe Tlogo Resort Tuntang, Kabupaten Semarang, Rabu (30/10). Latsar merupakan salah satu syarat dilantiknya CPNS menjadi PNS.

Penutupan secara simbolis dilakukan dengan pelepasan kartu tanda peserta latsar oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM dan pembacaan janji alumni oleh para peserta. Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Komandan Denpom IV-3 Salatiga, Letkol CPM (Kowad) Asmin Tapahing bersama dengan Kabid Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional Badan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Jawa Tengah, Dra Sri Widiastuti, M.SI dan Kepala BKDiklatda Kota Salatiga, Drs. Muthoin, M.Si.

Kepala BKDiklatda Kota Salatiga menjelaskan bahwa latsar berlangsung selama kurang lebih 4 bulan dari tanggal 1 Juli s.d. 30 Oktober 2019 dengan sistem on off. Peserta dibagi ke dalam 5 angkatan dengan masing-masing angkatan terdiri dari kurang lebih 40 orang.

“Hasil dari latsar ini sungguh baik, semua peserta dinyatakan lulus. Dengan predikat memuaskan sebanyak 196 peserta dan 

dan sangat memuaskan sebanyak 9 peserta,” terang Muthoin.

Selanjutnya, Walikota Salatiga memberikan secara langsung Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) kepada 15 peserta yang merupakan 3 peringkat tertinggi dari masing-masing angkatan.

Dalam sambutannya, Walikota memberikan ucapan selamat dan apresiasi yang tingggi kepada seluruh peserta. “Saya berharap, para CPNS yang sebentar lagi akan resmi menjadi PNS Pemerintah Kota Salatiga dapat mendukung perwujutan visi dan misi Pemerintah Kota Salatiga periode 2017-2022, yang terfokus pada 4 aspek yakni wareg (sejahtera secara ekonomi), wasis (kualitas pendidikan baik), waras (sehat jasmani dan rohani) serta wajah kota (penataan ruang infrastruktur kota),” terang Yuliyanto.