Laksanakan Merti Desa, Warga Tegalrejo Perketat Protokol Kesehatan

Salatiga- Wakil Wali Kota Salatiga, Muh Haris, SS, M.Si, menghadiri kegiatan Merti Desa/Saparan yang diselenggarakan di Balai Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, 10 Oktober 2020 lalu. Ia mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap supaya seluruh warga Kelurahan Tegalrejo senantiasa sehat dan dijauhkan dari segala musibah, termasuk COVID-19.

Dalam kesempatan ini, Muh Haris menyampaikan terima kasihnya kepada warga Tegalrejo yang sudah berpartisipasi dalam pembangunan Kota Salatiga, sehingga dapat berjalan dengan baik serta sejalan dengan visi dan misi Kota Salatiga Hati Beriman yang SMART. Menurutnya, Kelurahan Tegalrejo merupakan kelurahan yang memiliki wilayah paling luas dan menjadi barometer perkembangan di wilayah Kecamatan Argomulyo.

“Saya dan Pak Wali menyampaikan terimakasih, karena dukungan pembangunan di kelurahan Tegalrejo bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya pembangunan secara lahir tetapi yang lebih penting lagi adalah pembangunan batin, moral, akhlak, budi pekerti sebagai pondasi pembangunan di Tegalrejo,” tukas Haris.

Terkait pandemi COVID-19, Muh Haris mengajak seluruh warga Tegalrejo melalui para perangkat yang hadir di Merti Desa tersebut, untuk menjaga diri dan keluarga dengan senantiasa memperketat penerapan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir dan menjaga jarak, seraya memohon kepada Tuhan agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

“Ditambah dengan 3M terbaru, yakni iman harus dikuatkan, imun selalu dijaga dan aman harus tercipta. Tak disangkal, di masa Pandemi COVID-19 ini terdapat sejumlah oknum yang menghalalkan segala cara dan merugikan orang lain, sehingga rasa aman harus diciptakan,” jelasnya.

Lurah Tegalrejo, Titin Eka Novia, SE, mengungkapkan bahwa, Merti Desa Tahun 2020 tersebut sebagai wujud rasa syukur sekaligus sebagai permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar warga Tegalrejo senantiasa diberikan keselamatan, kesehatan dan dilimpahkan rizki. Disamping itu, kegiatan yang dilaksanakan secara terbatas tersebut sekaligus sebagai pertanda bahwa Warga Tegalrejo masih melestarikan tradisi, meskipun sedang dalam masa pandemi.

Diawali dengan sosialisasi protokol kesehatan dan pembagian masker gratis pada 3 Oktober 2020, rangkaian kegiatan Saparan dilanjutkan dengan nyadran (bersih kubur) di Makam Shuufii (8/10) dan bersih kali di Sumur Bandung (9/10). Sebagai puncak kegiatan, dilangsungkan acara selamatan dan Kirab Kademangan di Balai Kelurahan Tegalrejo pada Sabtu (10/10/2020), yang dihadiri oleh Wakil Wali Kota, Camat Argomulyo, Lurah Tegalrejo beserta perwakilan masing-masing elemen masyarakat.