Argomulyo, Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pemilu, KPU Salatiga membuka Rumah Pintar Pemilu yang diberi nama Balai Pemilu. Berkesempatan meresmikan balai Asisten II Sekda Daryadi SH., yang didampingi Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo, Komisioner KPU Salatiga dan Forkopinda, di Kantor KPU 19/9.

Ketua KPU Salatiga Putnawati dalam sambutannnya berharap dengan dibuatnya Balai Pemilu akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. “Balai Pemilu merupakan wujud pelayanan masyarakat ihwal kepemiluan. Balai Pemilu difasilitasi pengetahuan pemilu dari masa silam hingga sekarang. Ada juga nama pejabat walikota Salatiga dari Raden Patah hingga saat ini termasuk nama anggota dewan yang pernah menjabat di Kota Salatiga. Kami juga menyediakan ruang mini teater dengan fasilitas video terkait sejarah pemilu di Indonesia,” terang Putnawati.

“Balai Pemilu jug abisa menjadi ruang demokrasi bagi para siswa yang ingin melakukan simulasi pemilihan ketua osis. Terdapat juga diorama (miniatur) proses pencoblobsan, yang bisa memudahkan para siswa untuk memahami dan mengingat perihal pemilu,” tambah ketua KPU.

Hadir dalam peresmian; organisasi peremuan di Salatiga, komunitas difabel, perwakilan siswa SMA, perwakilan partai politik, dan tamu undangan lainnya. Usai peresmian, rombongan berkesempatan meninjau Balai Pemilu.

Ketua KPU Jawa Tengah dalam sambutannya berharap Pemkot Salatiga memberikan fasilitas lokasi lain agar Balai Pemilu bisa lebih maksimal. “Sebentar lagi proses pemilu dimulai, jika balai pemilu letaknya masih di Kantor KPU maka akan tergangu. Layaknya Balai Pemilu ada di gedung tersendiri, jika hanya ada lahan yang disediakan pemkot, bangunan bisa dibagngun dengan dana CSR,” ungkap Joko Purnomo.