Salatiga(8/3), Dalam upaya meningkatkan kepatuhan wajib pajak, pembenahan basis data perpajakan, serta pengamanan penerimaan pajak, Kantor Pajak Pratama Kota Salatiga melaksanakan sosialisasi Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) di ruang pertemuan Kaloka, di lantai 4 Gedung Sekretariat Daerah Kota Salatiga. Sosialisasi tersebut dibuka secara langsung oleh Pj. Walikota Salatiga Drs. Achmad Rofai, M.Si dan dihadiri oleh segenap Kepala OPD dan Lurah diwilayah kerja Kota Salatiga.

Mengawali acara Kepala KPP Pratama Kota Salatiga, Totok Indiarto, menyampaikan bahwa kedepan tantangan perpajakan semakin berat, oleh karena itu dibutuhkan upaya yang semakin keras juga untuk memastikan bahwa wajib pajak sudah melaksanakan kewajiban perpajakannya. KSWP merupakan pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2015. Sesuai Inpres tersebut, masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan publik tertentu yang diberikan melalui lima kementerian yaitu Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Dalam Negeri wajib terlebih dahulu melalui tahapan konfirmasi pemenuhan kewajiban perpajakan yaitu : (1) Validitas Nomor Pokok Wajib Pajak dan (2) Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan untuk dua tahun pajak terakhir.

Proses konfirmasi ini dilakukan melalui sistem KSWP yang dapat diakses secara online oleh seluruh petugas di Kantor Perizinan Terpadu di seluruh Indonesia melalui internet. Kewajiban melaksanakan konfirmasi ini juga berlaku dalam ruang lingkup proses perizinan yang dikeluarkan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia.

Menyambut Kegiatan sosialisasi KSWP Pj. Walikota Salatiga mengingatkan kepada seluruh jajaran kepala OPD dan para lurah untuk segera melaporkan pajaknya, “Ingat tanggal 31 maret adalah batas akhir pelaporan pajak” tegas Pj Walikota, Pajak juga merupakan salah satu sumber devisa negara oleh karena itu kita semua wajib mendukung tercapainya target pemenuhan pajak pungkas Pj. Walikota