Jakarta – Kota Salatiga mendapatkan penghargaan Inagara Award sebagai kepala daerah yang mempunyai komitmen tinggi terhadap inovasi akan tata kelola pemerintah dan  kinerja organisasi di daerah yang telah mencapai tahap design.

Apresiasi inovasi ini diberikan oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara(LAN) Republik Indonesia kepada 26 kabupaten/ kota dari seluruh Indonesia yang telah berkomitmen dalam pelaksanaan inovasi di daerah melalui laboratorium inovasi. Salatiga menjadi kota yang mendapatkan penghargaan atau apresasi inovasi tersebut diberikan di Gedung Makarti Bhakti Nagari Lantai 2, Gedung LAN RI, Pejompongan Jakarta Pusat, Selasa (30/10).

Dr. Tri Widodo W Utomo, SH., MA selaku Deputi inovasi LAN RI mengatakan bahwa LAN  tidak henti-hentinya menggelar acara yang bersifat kompetitif dan apresiatif kepada daerah-daerah, kali ini adalah penyelanggaraan yang keempat kalinya. Menurutnya apresiasi inovasi ini adalah sebagai ajang penghargaan kepada daerah yang berkomitmen tinggi terhadap perkembangan inovasi melalui program laboratorium inovasi LAN.

“ Tahun 2018 ini, kami membimbing 26 daerah di Indonesia yang telah menerapkan program inovasi dan menghasilkan ribuan inovasi. Yang terpilih ini adalah mereka yang benar-benar melakukan inovasi di daerahnya masing-masing,” Jelasnya.

Selain itu, dirinya juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas semangat dan komitmen terhadap pelaksanaan inovasi di daerah untuk  terus memperbaiki tata kelola pemerintah dan  kinerja organisasinya dengan penyelenggaraan inovasi. Dalam kegiatan ini juga akan diisi dengan sharing dan transfer knowledge terkait inovasi yang  ada di daerah dan penghargaan kepada pemimpin perubahan yang  pesertanya merupakan alumni diklat kepemimpinan tingkat I dan II.

“ Selain pemberian penghargaan tadi, ada sekitar 200 peserta turut serta dalam forum replikasi inovasi guna membahas potensi dan pengembangan ekonomi lokal dari sektor pertanian dan perikanan di daerah,” Tambah Tri.

Sementara itu  Kepala LAN RI Dr. Adi Suryanto,M.Si menyambut baik semangat inovasi para pemimpin daerah, hal ini ditunjukkan dengan banyak sekali kepala daerah yang memiliki komitmen tinggi terhadap inovasi di sektor publik dengan memberikan pelayanan ke masyarakat dengan cara baru dan gagasan baru.

“ Karena kita menghadapi masyarakat dengan keinginan baru, para pemimpin daerah harus melakukan inovasi sehingga pelayanan juga dapat ditingkatkan,” Bebernya.

Lanjutnya, Menurutnya upaya dalam mendorong inovasi publik di daerah akan menghasilkan karya besar untuk membuat pemerintahan berkualitas  dunia. Hal ini tidak hanya kita lakukan dengan berpangku tangan semata akan tetapi dengan berupaya keras dan sinergitas agar inovasi publik tumbuh berkembang.

“ Kepala daerah yang berasal dari daerah yang berinovasi tinggi saya harapkan bisa menjaga ini agar bisa mewujudkan pemerintah berkualitas dunia,” Katanya

Sementara itu Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE.,MM yang didampingi oleh Asisten 3 Setda Kota Salatiga, Y. Tri Priyo Nugroho mengatakan bahwa penghargaan ini bagi kota Salatiga sangatlah penting karena inovasi ini nantinya akan membuat pelayanan publik yang ada di kota Salatiga akan semakin baik.

“ Alhamdulillah kota Salatiga mendapatkan penghargaan ini. Inagara award merupakan penghargaan yang diberikan LAN kepada pemda yang berpihak dan mendorong terhadap pelayanan publik melalui proyek perubahan dengan inovasi di setiap OPD, ” Jelas Yuliyanto.

Yuliyanto menambahkan bahwa dengan semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh OPD tentunya akan memberikan ruang yang baik untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

” Dengan adanya pelayanan yang baik, lebih mudah dan transparan masyarakat kota Salatiga akan lebih mudah, lebih transparan sehingga akan memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat kedepannya, ” Pungkasnya.

Sebagai informasi inagara award adalah pemberian penghargaan atau apresiasi kepada kepala daerah yang berkomitmen untuk mendorong dan meningkatkan daerahnya dengan inovasi  yang bekerjasama dengan LAN yang sudah mencapai tahap design di tahun ini. Tahun 2018 ini ada 26 kabupaten/ kota yang menerima penghargaan ini.

Adapun ke-26 daerah yang berkomitment tinggi terhadap inovasi di daerahnya diantaranya yakni Kabupaten Aceh  Tamiyang dengan 71 inovasi, kabupaten Puna dengan 110 inovasi, kabupaten Berau 86 inovasi, kabupaten Pelalawan dengan 89 inovasi, kabupaten Probolinggo 145 inovasi, kabupaten Tuban 78 inovasi, kabupaten  Bandung 72 inovasi, kabupaten Agam 227  inovasi, kabupaten Serang 51 inovasi, kabupaten Banggai 190 inovasi, kabupaten Teluk 133 inovasi, kabupaten kepulauan Aru  168 inovasi, kabupaten Dompu 73 inovasi, kabupaten Wakatobi 126 inovasi, kabupaten Minahasa Utara 118 inovasi, kabupaten Tanah Kumbu 196 inovasi, kabupaten Waringin timur 310 inovasi, kabupaten Mentawai 179 inovasi, kota  Tidore Kepulauan 66 inovasi, kota Sabang 88 inovasi, kota Pare 61 inovasi, kota Surakarta 137 inovasi, kota Mojokerto 110 inovasi, kota Salatiga 89 inovasi, kota Jayapura 70 inovasi, dan kota Sorong 93 inovasi.