BALIKOTA – Jika pada tahun 2018 lalu Kota Salatiga memperoleh penghargaan Kota Layak Anak Kategori Pratama, maka pada tahun 2019 Kota Salatiga kembali memperoleh penghargaan Kota Layak Anak Kategori Madya atau meningkat satu tingkat. Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) tersebut diserahkan Walikota Salatiga, Yuliyanto kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Salatiga, Afif Zufroningdyah, SH, MH dalam apel luar biasa di Halaman Pemkot Salatiga, Senin 29/07.

Selain itu, dalam apel tersebut juga disarahkan pula penghargaan dari Kemen PPPA untuk Walikota Salatiga sebagai Pelopor Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) yaitu Taman Tingkir. Penghargaan diserahkan dari Walikota  kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga, Drs. Prasetyo Ichtiarto, M.Si.

Dua prestasi tersebut menjadi kado istimewa untuk Kota Salatiga karena diperoleh pada tanggal 23 Juli 2019, satu hari menjelang HUT ke 1269 Salatiga pada tanggal 24 Juli. Kedua penghargaan bergengsi tersebut telah diserahkan oleh Menteri PPPA Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip.Apling, MA. kepada Walikota Salatiga yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Salatiga Dra. Sri Satuti, MM dalam Penghargaan KLA 2019 di Makassar, 23/07 lalu.

Dalam apel luar biasa tersebut, Walikota mengatakan bahwa dua capaian tersebut merupakan bukti atas komitmen Pemkot Salatiga melalui kebijakan, program, kegiatan serta pembiayaan dalam menciptakan ruang yang layak bagi anak untuk bertumbuh dan berkembang.

Walikota juga mengingatkan agar prestasi tersebut tidak membuat Pemkot Salatiga berpuas diri. Walikota tetap meminta SKPD untuk melakukan pembenahan dan inovasi. “Kita harus terus menyamakan persepsi dan menyamakan langkah dalam menjamin terpenuhinya hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat martabat kemanusiaan. Hal ini harus dilakukan bukan semata-mata untuk meraih predikat lebih tinggi, tetapi lebih kepada terpenuhinya hak-hak anak,” urai Walikota.

Selain dua penghargaan tersebut, Walikota juga menyampaikan penghargaan pensiun untuk ASN yang terhitung mulai bulan Agustus 2019 akan mengakhiri tugasnya di Pemkot Salatiga. ASN tersebut adalah Sri Danudjo, SE, yang mengakhiri tugasnya sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Adi Wibowo, SE, sebagai Kepala Bidang Angkutan dan Kelaikan Jalan pada Dinas Perhubungan.(sg)