Argomulyo – Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga masuk sebagai salah satu nominator dalam lomba Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga Tingkat Nasional.

Hal itu disampaikan oleh Tim Verifikator PHBS Tingkat Nasional, Endang Budi Martimi saat menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan tim tersebut di Balai Kelurahan Tegalrejo, Rabu 05/04. “Bersama dengan 5 daerah lain yaitu Kediri, Denpasar, Lubuk Linggau, Sawahlunto, Payakumbuh, Kota Salatiga berhasil masuk nominasi 6 besar PHBS Nasional yang diikuti oleh kab/kota dari 34 provinsi,” kata Endang Budi Martimi.

“Maksud kedatangan kami yang didampingi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah ini adalah untuk menyaksikan secara langsung pola kehidupan masyarakat di Kelurahan Tegalrejo, apakah sesuai dengan laporan yang kami terima atau tidak,” jelas Ibu dari Kementrian Kesehatan RI ini.

Ketua TP PKK Kelurahan Tegalrejo, Dani Permatasari dalam laporannya mengatakan bahwa keberhasilan PHBS di Kelurahan Tegalrejo yang berhasil merebut Juara I Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Tahun 2016 adalah karena dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

“Di sini kami mempunyai program hari Jumat tanpa rokok, Ikatan Konselor ASI, Kolam Ikan Mobile, ODF Klaim (Bebas Buang Air Besar Sembarangan), Rumah Kreatif dan Bank Sampah, Arisan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), dan Welcome Drink Jamu di Puskesmas. Keseluruhan inovasi tersebut mendapat dukungan baik dari seluruh masyarakat di Tegalrejo,” jelas Dani Permatasari.

“Selain itu, kader PKK juga sangat berperan dalam upaya memotivasi masyarakat untuk hidup sehat. Secara keseluruhan Kel. Tegalrejo capaian stratanya adalah sehat paripurna sebesar 95,07 % di Tahun 2016,” ungkap Ketua TP PKK Tegalrejo ini.

Sebelum melaksanakan kunjungan lapangan, tim penilai tersebut diterima dan disambut langsung oleh Pj Walikota Salatiga, Achmad Rofai di Balai Kelurahan Tegalrejo. (sg)