SIDOREJO – Musibah angin puting beliung yang terjadi di Soka, Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo Salatiga pada Kamis, 08/12 lalu telah mengetuk hati berbagai pihak untuk memberikan bantuan kepada para korban. Demikian pula Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Pemkot Salatiga secara mandiri segera menggalang dana untuk disalurkan kepada para korban. Pemberian bantuan tersebut diserahkan oleh Pj Walikota Salatiga di Balai Kelurahan Sidorejo Lor, Rabu, 21/12.

Dalam sambutannya Pj Walikota, Ahmad Rofai mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian dari PNS Kota Salatiga pada korban angin puting beliung. “Meskipun hanya sedikit, ini merupakan wujud kepedulian teman-teman PNS Kota Salatiga untuk warga Soka yang menjadi korban musibah pada 8 Desember lalu. Mohon dimanfaatkan sebaik-baiknya bantuan ini,” kata Pj Walikota Salatiga.

Hal senada juga disampaikan oleh Plt Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Kota Salatiga, Fakruroji. “Bantuan ini berasal dari penggalangan dana dari rekan-rekan PNS di Kota Salatiga. Selama 3 hari penggalangan dana, terkumpul 30 juta rupiah. Dana tersebut akan disampaikan kepada 15 Kepala Keluarga yang mengalami kerusakan rumah, masing-masing 1 juta rupiah. Sedangkan untuk dua sekolah, yaitu SD Sidorejo Lor 04 dan SMK Muhamadiyah masing-masing 7,5 juta rupiah,” ungkap Fakruroji.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, dalam musibah puting beliung tersebut, puluhan rumah di kawasan pemukiman tersebut mengalami kerusakan. Selain itu, dua gedung sekolah mengalami rusak parah, yakni SD Sidorejo Lor 04 dan SMK Muhamadiyah. Genting dan kaca hancur dan peralatan sekolah seperti komputer dan buku pelajaran mengalami kerusakan.

Kepala Sekolah SD Sidorejo Lor 04, Estiningtyas mengaku senang atas bantuan tersebut. “Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan ini. Bantuan ini akan kami pergunakan untuk membeli material untuk perbaikan yang sifatnya mendesak, seperti tiang utama atap dan genting yang bocor. Untuk perbaikan besar, kami menunggu dari Pemkot,” ungkap Estiningtyas. (sg)