Salatiga – Kunjungan Kerja Panja Kelembagaan dan Akreditasi Prodi Perguruan Tinggi Komisi X DPR RI diterima langsung Walikota Salatiga dan Rektor UKSW di Balairung Kampus UKSW Salatiga, Rabu (6/2).

Kunjungan Komisi X DPR RI bertujuan untuk mengetahui permasalahan kelembagaan dan akreditasi perguruan tinggi di kota Salatiga. Ketua tim yang juga selaku wakil ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih mengatakan bahwa dirinya beserta anggota lain, ingin mengetahui secara langsung permasalahan kelembagaan dan akreditasi perguruan tinggi di kota Salatiga. Menurutnya, akan didapatkan data empiris dalam permasalahan tata kelola keuangan, SDM, kondisi sarprasnya, serta permasalahan lain. Selain itu, juga akan mendapatkan masukan terhadap tata kelola kelembagaan dan gambaran umum secara langsung.

“ Kami hadir tidak lain adalah untuk mengidentifikasi kelembagaan dengan mengkaji dan  mengevaluasi serta menampung adanya keluhan-keluhan yang ada. Sehingga nantinya akan mengetahui permasalahan yang ada,” Tuturnya.

Sementara itu, Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM mengatakan bahwa peran pendidikan sangat penting, mulai dari pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari penempatan pendidikan di salah satu prioritas dalam misi kesatu RPJMD 2017-2022 Kota Salatiga, yakni meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, mewujudkan SDM yang handal dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya.

“ Hal ini  didukung dengan banyaknya lembaga pendidikan di Kota Salatiga yang terdiri dari, 116 TK/RA, 107 SD/MI, 31 SMP/MI, 11 SMA/MA, 20 SMK, dan tiga Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi,” Jelasnya.

Lanjutnya, dengan didukung adanya lembaga pendidikan yang memadai, kota Salatiga juga telah memiliki 227 perpustakaan sekolah, dan satu perpustakaan daerah guna meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. Perpustakaan daerah tersebut telah terakreditasi A, serta memiliki layanan perpustakaan keliling yang menjangkau masyarakat yang tinggal di pelosok.

“ Hasil ini tentu tidak terlepas dari sinergitas lembaga pendidikan dan pemkot Salatiga, dengan para pemangku kepentingan lainnya. Lembaga pendidikan dapat semakin terpacu dan  meningkatkan kualitas pendidikannya, ” Imbuhnya.

Rektor UKSW Salatiga, Niel Semuel Rupidara SE MSc PhD, menyambut baik dan mengucapkan terima kasih karena UKSW sudah dijadikan tempat untuk kunjungan tersebut. Karena dunia pendidikan sangat penting dan bermanfaat bagi civitas akademisi UKSW maupun masyarakat kota Salatiga.

“Saya sangat apresiasi dan kegiatan ini sangat baik untuk peningkatan pendidikan di kota Salatiga,” Katanya.