Salatiga – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-57 Saka Wirakartika, Kodim 0714 Salatiga melaksanakan Lomba Pioneering bagi anggota Pramuka pangkalan tingkat SMP/MTs, SMA/SMK/MA se-Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh 37 kelompok atau sekitar 200 peserta di halaman Kodim 0714 Salatiga, Minggu (9/9).

Lomba pioneering ini dibuka oleh Pasiter Kodim mewakili komandan Kodim 0714 Salatiga. Dalam sambutannya Pasiter Kapten Inf Romdani mengatakan bahwa pioneering merupakan latihan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan diri anggota pramuka, yang kelak akan berguna bagi kehidupannya dalam kepramukaan maupun kehidupan bermasyarakat.

“ lomba ini sangat baik. Tujuannya tidak hanya mengasah ketrampilan para anggota namun untuk ajang uji tanding bagi pangkalan lain yang mengikuti kegiatan tersebut,” Jelas Romdani.

Selain itu, diharapkan dari kegiatan ini didapatkan masukan  positif  untuk  pengembangan kegiatan dipangkalan pada waktu yang akan datang.  Kedepan, Romdani menginginkan agar kegiatan ini juga dapat meningkatkan semangat seluruh anak muda untuk berusaha dan berlatih dalam hal apapun.

Adapun pemenang lomba pioneering edisi tahun 2018 ini adalah sebagai berikut  penggalang putra, Juara 1 dan juara 2 diborong oleh SMPN 9 Salatiga, kemudian Juara 3diraih oleh SMP 1 MTsN Salatiga. Kemudian untuk penggalang putri, Juara 1dan 2 juga berhasil diraih oleh SMPN 9 Salatiga, sedangkan untuk juara 3 diraih SMPN 1 Salatiga. Lalu untuk katergori penegak putra,  Juara 1 diraih oleh MAN Salatiga, kemudian juara 2 SMAN 2 Salatiga dan juara 3 adalah SMKN 2 Salatiga. Untuk penegak putri, Juara 1 berhasil diraih SMKN 2 Salatiga, Juara 2 MAN Salatiga dan Juara 3 SMAN 3 Salatiga. Sementara itu, juara umum penggalang  berhasil diraih SMPN 9 Salatiga dan juara umum penegak berhasil diraih oleh MAN Salatiga.