Salatiga(6/2), Keselamatan kerja di wilayah Kota Salatiga dinilai cukup bagus, ini dibuktikan dengan diterimanya penghargaan zero accident beberapa waktu lalu. Hal inI disampaikan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sri Djoko Nurhadi usai upacara pencanangan bulan K3 di PT. Agric Amarga Jaya, Salatiga. Di Kota Salatiga setiap perusahaan baik skala besar maupun kecil wajib menerapkan K3, untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan kerja. setiap perusahaan harus membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) K3 yang jelas untuk diikuti oleh semua karyawan, seperti penggunaan helm, sepatu, dan rompi. “Kecelakaan kerja bisa terjadi kapan saja. Untuk mengurangi risiko itu K3 harus benar-benar diaplikasikan dalam dunia kerja,” papar Sri Djoko.

Ketersediaan Lapangan Kerja

Dalam sambutan Menaker yang dibacakan oleh Pj. Walikota Salatiga Achmad Rofai, disampaikan bahwa saat ini pemerintah secara terus menerus meningkatkan pembangunan yang bertujuan memperluas kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat menyejahterakan masyarakat. Pembangunan dan Pengembangan tol laut, pelayaran rakyat, pembangunan sarana dan prasarana ketenagalistrikan, perumahan, sanitasi dan air bersih, pembangunan jalan baru dan jalan tol, pengembangan transportasi perkeretaapian, dan pencetakan sawah baru serta konektivitas antarwilayah. Selain itu juga dikembangkan program peningkatan kualitas dan efektifitas program perlindungan sosial.

Bidang ketenagakerjaan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan masyarakat harsu mendukung prioritas program tersebut baik secara langsung maupun tak langsung, melalui peningkatan sumber daya manusia yang kompeten dan jaminan pelaksanaannya yang memenuhi persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja.

Menutup upacara pencanangan bulan K3 Pj. Walikota kembali mengingatkan seluruh peserta upacara untuk turut berpartisipasi dalam pemilukada tanggal 15 mendatang, yaitu dengan datang ke TPS dan mencoblos. “Jangan lupa besok tanggal 15 februari datanglah berbondong-bondong ke TPS tempat anda terdaftar sebagai pemilih dan mencoblos disana, saya juga mengharapkan kepada perusahaan untuk dapat mendukung dengan memberikan kesempatan kepada setiap karyawannya yang memiliki hak pilih untuk dapat melaksanakan hak pilihnya.” tutup Pj. Walikota.

Usai upacara Pj. Walikota menyempatkan diri mengunjungi stan K3 dan berbincang-bincang dengan karyawan.