BALAIKOTA – Kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil (PNS) hendaknya dimaknai sebagai kenaikan tanggungjawab atas jenjang pangkat baru yang disertai dengan peningkatan prestasi kerja dan perilaku kerja yang lebih baik. Kenaikan pengkat adalah sebuah penghargaan yang diberikan negara atas prestasi kerja PNS.

Hal ini ditegaskan oleh Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Drs. Fakruroji dalam Apel Luar Biasa Penyerahan Kenaikan Pangkat periode 1 April 2019 dan Pemberian Piagam Penghargaan Pensiun TMT 1 April 2019 di Halaman Pemkot Salatiga, Senin 25/03.

“Kenaikan pangkat bukanlah merupakan suatu hak tapi sebuah penghargaan yang diberikan oleh negara atas prestasi kerja, sebagaimana yang secara tegas diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Karenanya, kenaikan pangkat yang diperoleh dapat dipandang sebagai kenaikan tanggungjawab atas jenjang pangkat baru yang dibarengi dengan peningkatan prestasi kerja dan perilaku kerja yang lebih baik,” tegas Sekda Kota Salatiga.

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 508 Surat Keputusan (SK) Kenaikan Pangkat diserahkan secara simbolis oleh Sekda didampingi Kepala BKDiklatda Kota Salatiga, Drs. Mothoin M.Si kepada perwakilan penerima.

SK Kenaikan Pangkat yang diserahkan dengan rincian Golongan IV sebanyak 52 SK, Golongan III sebanyak 301 SK, Golongan II sebanyak 119 SK dan Golongan I sebanyak 35 SK.

“Usulan kenaikan pangkat periode 1 April 2019 PNS di lingkungan Pemerintah Kota Salatiga sebanyak 508 berkas. SK kenaikan pangkat yang siap untuk diserahkan sebanyak 507 SK, sedangkan 1 berkas masih dalam proses penyelesaian oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat,” ungkap Muthoin.

Sedangkan PNS yang pensiun TMT 1 April 2019 sebanyak 18 orang terdiri dari eselon III sejumlah 2 orang, eselon IV sejumlah 5 orang, fungsional sebanyak 7 orang dan pelaksana sebanyak 4 orang. Pejabat eselon III yang mendapatkan penghargaan pensiun atas nama: Sutopo, SE dan Trisyadhi, SH, MH.

“Pejabat eselon IV, fungsional dan pejabat pelaksana diberikan pada hari Selasa, 26 Maret 2019 di Aula Kaloka Gedung BKDiklatda,” pungkas Muthoin.(sg)