SALATIGA – Teriknya sinar matahari tak menyurutkan minat warga Kota Salatiga untuk menyaksikan kemeriahan Kirab Ruwat Bumi di Jalan-jalan Protokol Kota Salatiga. Kirab yang digelar oleh Pengurus Harian Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hok Tek Bio Kota Salatiga merupakan puncak peringatan Imlek 2568 sekaligus Hari Kebesaran Dewa Bumi.

Kirab yang diikuti oleh 55 kelompok tersebut dilepas oleh Pj Walikota Salatiga, Achmad Rofai bersama Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) di Halaman Klenteng Hok Tek Bio, Jl. Letjen Sukowati 13, Senin 27/03.

Dalam sambutannya, Pj Walikota mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu contoh konkret tentang toleransi antar umat beragama di Kota Salatiga yang harmonis. “Kirab ruwat bumi dan tolak bala ini merupakan kebudayaan masyarakat Tionghoa. Meski demikian, kirab ini bisa diikuti oleh siapa saja,” ungkap Achmad Rofai.

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu simbol budaya bangsa dan merupakan wujud nyata dalam menjunjung kebhinnekaan dan keberagaman di Kota Salatiga. “Kami memberikan apresiasi tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ini merupakan simbol budaya berbangsa yang menjunjung tinggi kebhinnekaan,” ujarnya.

Ketua Panitia Kirab, sekaligus Ketua Pengurus Harian TITD Hok Tek Bio Kota Salatiga, Liem Eng Tong mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan kirab adalah salah satu upaya tolak bala, untuk keselamatan, kedamaian serta keutuhan NKRI.

Adapun rute dari kirab tersebut adalah: Klenteng Hok Tek Bio – Jl. Sukowati – Lapangan Pancasila – Jl LMU. Adi Sucipto – Jl. Kartini – Jl. Monginsidi – Jl. Diponegoro – Rumah Dinas Walikota Salatiga – Jl. Jenderal Sudirman – Jl Sukowati.

“Peserta Kirab ini tidak hanya kesenian Tionghoa seperti barongsai dan liong saja, tapi ada juga reog Ponorogo, kesenian drumblek khas Kota Salatiga, wayang orang, bahkan ada juga atraksi liong doreng dari Batalyon Arhanudse Semarang,” ungkap Liem Eng Tong.

Ketika melintas di Rumah Dinas Walikota Salatiga, para peserta kirab melakukan atraksi yang disaksikan oleh Pj Walikota berserta Forkopinda. Dalam kesempatan tersebut, Pj Walikota bersama Forkopinda berkenan mengusung salah satu tandu di Halaman Rumah Dinas Walikota Salatiga. (sg)