SALATIGA – Keindahan pemandangan Gunung Merbabu di gerbang tol Salatiga merupakan anugerah bagi Kota Salatiga. Untuk itu, Pemkot Salatiga akan berupaya melindungi lingkungan dan kawasan gerbang tol Salatiga dari papan reklame atau bangunan yang bisa mengurangi atau menghalangi keindahan pemandangan yang disebut-sebut mirip dengan pemandangan pegunungan di Swiss itu.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Walikota Salatiga, Muh. Haris menjawab pertanyaan awak media saat meninjau spot gerbang tol Salatiga yang tengah menjadi viral di media sosial tersebut. “Ini merupakan anugerah bagi Kota Salatiga mempunyai pemadangan yang sedemikian bagusnya. Kami akan melakukan proteksi terhadap kawasan ini sehingga keindahan pemandangan di kawasan ini akan terjaga,” kata Muh. Haris di Gerbang Tol Salatiga, Kamis Pagi 08/06.

Wakil Walikota menjelaskan bahwa keindahan pemandangan yang sudah menjadi viral tersebut merupakan peluang bagus bagi Kota Salatiga. Pemkot Salatiga akan berupaya untuk mempercantik dan menata wajah kota supaya Kota Salatiga menjadi tempat yang semakin nyaman, tidak hanya bagi warga Salatiga tapi juga bagi warga dari luar Salatiga supaya berkenan mampir dan berkunjung ke Salatiga.

“Kami berharap, kebijakan penataan kota akan membuat Kota Salatiga makin nyaman, supaya masyarakat dari luar Salatiga mau singgah atau tinggal sementara di Kota Salatiga. Kami akan menata wajah kota, termasuk pusat-pusat kuliner sampai penginapan. Hal ini tentu saja akan membawa dampak ekonomi yang menguntungkan bagi Salatiga,” harap Wakil Walikota.

Muh. Haris mengatakan bahwa Pemkot Salatiga akan mengambil langkah-langkah strategis terkait dengan adanya jalan tol yang melintasi Salatiga sampai Provinsi Jawa Timur. “Dengan langkah-langkah tersebut, kami berharap agar anggapan bahwa daerah yang dilintasi jalan tol akan menjadi daerah mati, tidak terjadi di Salatiga,” kata Muh. Haris.

Terkait dengan ketenaran pemandangan di pintu tol yang sering menjadi spot selfie, Muh. Haris mengatakan bahwa hal tersebut harus direspon dengan positif. “Ini akan membuat Salatiga lebih dikenal oleh warga dari luar Salatiga, bahkan luar Indonesia,” kata Wakil Walikota yang beberapa waktu sebelumnya sempat berfoto di tempat tersebut. (sg)