Salatiga – Kualitas kader MTQ kota Salatiga terus ditingkatkan melalui pelatihan. Hal ini penting untuk mempersiapkan kemampuan dan kualitas dari setiap kader yang ada.

Sosialisasi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kota Salatiga dengan mengusung tema meningkatkan kualitas kader MTQ Kota Salatiga dalam berkompetisi pada ajang MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di Ruang Kaloka, Gedung Setda Lantai 4 Pemerintahan Kota Salatiga, Senin (18/2).

Dra Gati Setiti M.Hum selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Salatiga dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi perkembangan dan peningkatan keimanan kepada Allah SWT. Sosialisasi ini sangat penting karena untuk  meningkatkan motivasi segala unsur penyelenggaraan MTQ dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ)  kota Salatiga.

“ Nantinya pemahaman terhadap nilai-nilai Al-Quran akan semakin baik sebagai implementasinya adalah terciptanya generasi islami di kota Salatiga yang mampu mengamalkan nilai-nilai didalamnya,” Jelasnya.

Lanjutnya, diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti  bagaimana langkah menjadi peserta MTQ yang baik. Pola pembinaan para qorik-qoriah, hafid-hafidhoh yang baik pula.

“ Dengan latihan yang rutin dan berkelanjutan maka para peserta ini nantinya  bisa tampil secara optimal dan  berprestasi membawa nama kota  ini pastinya,” Tandasnya.

Gati Setiti bersama-sama Pemkot Salatiga juga sangat mendukung  LPTQ. Karena di dalamnya terdapat fasilitas dan kesiapan peserta untuk mengikuti MTQ tingkat kota, beberapa pelatihan, dan pengiriminan khafilah ke event provinsi maupun nasional.

BPH Pramusinta, selaku Kabag Kesra Setda Kota Salatiga juga memberi motivasi kepada seluruh unsur yang terlibat dalam penyelenggaraan MTQ dan pengembangan lembaga tilawatil Quran di Salatiga agar mampu melaksanakan fungsinya dengan baik.

“ Gelaran MTQ di kota Salatiga bisa dilakukan dengan baik dan mampu memunculkan para  kader juara ke tingkat provinsi dan nasional,” Tuturnya.

Sementara itu, H Nur Faqih Fannany S.Ag selaku pembicara membagikan trik sukses menghadapi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Dirinya mengajak para peserta yang ikut dalam ber-MTQ harus mengerti hakikat Musabaqah Al-Quran dan menguasai materi MTQ, kemudian mereka harus mempunyai kesiapan mental yang baik dalam menghadapi MTQ dengan didukung adanya pelatihan yang cukup dan terprogram.

“ Adanya niatan, pelatihan yang cukup dan menguasai medan yang baik akan membuat peserta mampu mengikuti MTQ dengan baik pula,” Jelasnya.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 100 peserta meliputi ustad atau guru agama, pelajar, mahasiswa, santri, tokoh agama, hafid-hafidhoh, qorik-qoriah, calon dewan hakim, unsur dunia usaha, dll.