BOYOLALI – Jamaah Calon Haji diharapkan untuk selalu meluruskan niat dalam berhaji, yaitu karena Allah SWT saja, bukan karena niat-niat lain yang bersifat keduniawian. Hal tersebut disampaikan oleh Plh Walikota Salatiga, Muh Haris saat menyerahterimakan jamaah Kelompok Terbang (Kloter) 78 Kota Salatiga dan Kab Demak kepada Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo (SOC) di Asrama Haji Donohodan, Boyolali, Rabu 08/08.

Plh Walikota berpesan kepada Jamaah Calon Haji agar selalu menjaga dan memperbaiki niat, mulai dari berangkat dari kota asal, pelaksanaan rukun ibadan haji sampai dengan kembali lagi ke tanah air.

“Kami dari Salatiga dengan ini menyerahterimakan Jamaah Calon Haji Kloter 78 Kota Salatiga dan Kab. Demak kepada PPIH Solo untuk dibimbing dan pada saatnya diberangkatkan ke Tanah Suci. Kepada Jamaah Calon Haji, saya berpesan untuk selalu menjaga dan memperbaiki niat. Luruskan niat bapak ibu semua dalam berhaji, hanya karena Allah SWT saja, jangan ada niat-niat lain,” pesan Muh. Haris.

Selain itu, Plh Walikota juga berpesan agar Jamaah Calon Haji saling menjaga terutama sesama anggota regu, menjaga nama baik diri sendiri dan negara. “Jaga kekompakan sesama anggota regu, saling menjaga, jangan sampai tertinggal oleh regu Bapak Ibu. Jaga nama baik Bapak Ibu semua, dan yang tak kalah penting jagalah kesehatan agar rukun haji dapat dilaksanakan dengan baik,” pesan Muh. Haris.

Jamaah Calon Haji tersebut diterima langsung oleh Kepala PPIH Embarkasi Solo (SOC) Farhani. Ia menjelaskan bahwa di Embarkasi Donohudan jamaah akan menjalani pemeriksaan kesehatan sampai dengan rekam biometrik.

“Mulai tahun ini, rekam biometrik dilaksanakan di embarkasi, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan di bandara di Jeddah yang tentu saja memakan waktu yang lama dikarenakan antre,” ungkap Farhani.

Ia juga memberikan apresiasi kepada pemkot Salatiga karena hadir mendampingi calon jamaah haji. “Salatiga ini sangat istimewa guyub-nya. Tidak hanya petugas haji, tapi pejabat daerahnya pun banyak yang hadir mendampingi sampai ke embarkasi haji. Salut untuk Salatiga,” kata Farhani diikuti tepuk tangan calon jamaah haji.

Ia menambahkan bahwa kloter 77 dan 78 berangkat ke tanah suci pada tanggal 9/08. “Untuk Kloter 77 terbang pukul 00.50 WIB dan Kloter 78 terbang pukul 18.25 WIB,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Salatiga, Jumiarto menjelaskan bahwa total jamaah haji kota Salatiga adalah 260 yang dibagi ke dalam 2 kloter yaitu kloter 77 dan kloter 78. Kloter 77 sebanyak 67 jamaah diberangkatkan dari Salatiga oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Salatiga, Gati Setiti pada Rabu (08/08) Dini Hari pukul 03.30. Sedangkan kloter 78 sebanyak 193 jamaah diberangkatkan pada hari yang sama oleh Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Salatiga, Adhi Isnanto pada pukul 14.00 dari halaman Pemkot Salatiga. (sg)