ARGOMULYO – Kekeringan yang melanda beberapa tempat di Kota Salatiga telah menjadi keprihatinan banyak pihak. Tak terkecuali Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA UNDIP) Kota Salatiga. Dipimpin Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Drs. Fakruroji, IKA UNDIP menyalurkan bantuan air bersih bagi warga Ploso RT 02 dan RT 03, RW 06 Kel. Randuacir, Salatiga, Senin 21/10.

“Setelah berkoordinasi dengan kelurahan, Satpol PP, PDAM dan juga PMI, kami mendapatkan informasi bahwa hari ini ada beberapa tempat penampungan air yang mulai kosong di wilayah Randuacir, khususnya Ploso. Karenanya kami menyalurkan bantuan air bersih di tempat ini,” jelas Sekda selaku Ketua IKA UNDIP Kota Salatiga.

Sekda menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan sebanyak 10 tanki di mana tiap tanki sebanyak 5.000 liter air. “Kami menyiapkan 10 tangki air, namun yang disalurkan pada hari ini baru 2 tanki dulu, setelah ada yang mulai kosong lagi akan kami salurkan lagi untuk wilayah kelurahan Randuacir ini,” jelas Sekda.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda menjelaskan bahwa dirinya memberikan apresiasi kepada berbagai pihak yang secara mandiri telah memberikan bantuan serupa di wilayah Salatiga yang mengalami kekeringan. Bahkan, Sekda juga minta kepada Satpol PP untuk menganggarkan bantuan air bersih tahun depan.

Hal senada juga disampaikan oleh seorang ibu warga Ploso RT 02/RW 06 Randuacir, Rusli (59). Ia menyebutkan bahwa wilayah Ploso sudah mengalami kekeringan sejak 7 bulan yang lalu. “Namun berkat bantuan dari bebagai pihak, kami tetap bisa mendapatkan air bersih. Jika air di penampungan mulai habis, kami lapor ke Ketua RT yang diteruskan ke Kelurahan. Terimakasih atas bantuan ini,” ujarnya.(sg)