Pengurus Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Kota mendapatkan materi kepemimpinan dari Ibu Walikota Titik Kirnaningsih Yuliyanto yang juga ketua TP PKK Kota. Turut menjadi pemateri dalam Pelatihan Kepemimpinan tersebut Waliktoa Yuliyanto, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sri Satuti. Acara terlaksana di Ruang Plumpungan Gedung Setda 31/7.

Dalam kesempatan pertama walikota menyampaikan metode kepemimpinannya dan strategi menjalankan program kerja walikota. “Pemimpin baik itu bukan yang paling hebat akan tetapi yang memiliki visi dan misi serta kerangka kerja yang jelas dan terncana. Selain itu juga yang mampu bekerja bersama dengan semua elemen. Kota kita Salatiga banyak medapatka berbagai macam penghargaan mulai dari Kota Layak Anak, Adipura, Kota Sehat, Kota Paling Toleran, meraih WTP, serta prestasi lain tersebut karena semua warga bersama-sama meraihnya,” jelas Yuliyanto.

Sementara itu Ibu Titik Kirnaningsih Yuliyanto lebih menitik beratkan kepada ciri karakter pemimpin yang baik. “Ciri-cirinya pemimpin yang baik antara lain; beriman, bertaqwa, berwibawa, jujur, dapat dipercaya, bijaksana, mengayomi, berani mawas diri, mampu melihat jauh ke depan, berani dan mampu mengatasi kesulitan, bersikap wajar, tegas dan bertanggung jawab atas keputusan, sederhana, penuh tanggung jawab dan berjiwa besar,” ungkap Titik Kirnaningsih.

Adapun Kepala DP3A menyampaikan tugas dan peran seorang pemimpin. “Seorang pemimpin itu harus bisa bekerja dengan orang lain, akuntabel, menyeimbangkan pencapaian tujuan dan prioritas, berpikir analitis dan konseptual, dan mampu membuat keputusan yang sulit,” Sri Satuti menyampaikan.