BALAIKOTA – Sebagai wadah bagi pengusaha muda, Himpunan Pengusaha Muda Perguruan Tinggi (HIPMI PT) diharapkan untuk menularkan ilmu sehingga akan dapat menciptakan lebih banyak pengusaha muda di lingkungan perguruan tinggi di Kota Salatiga.

Harapan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga Fakruroji seusai menyaksikan Pelantikan HIPMI PT Kota Salatiga oleh HIPMI PT Provinsi Jawa Tengah di Gedung Dewan, Sabtu 20/10.

“HIMPI PT diharapakan untuk dapat menularkan ilmunya dan menciptakan lebih banyak pengusaha muda di kalangan perguruan tinggi di Kota Salatiga ini. Saya berharap agar HIPMI PT dapat menjadi mitra pemerintah dalam menjawab tantangan globalisasi di bidang ekonomi melalui industri kreatif dan juga dalam hal menciptakan lapangan pekerjaan,” harap Sekda.

Sekda juga menggarisbawahi tentang masih minimnya jumlah pengusaha di Indonesia. Ia menyebutkan bahwa hal tersebut salah satunya adalah karena pola pikir masyarakat yang lebih memilih mencari pekerjaan dibandingkan menciptakan lapangan kerja.

“Selain itu permodalan dan kapasitas sumber daya manusia juga menjadi kendala utama dalam berwirausaha. Tantangan inilah yang harus kita hadapi bersama-sama. Mari ciptakan iklim kondusif untuk berwirausaha,” ajak Fakruroji.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua HIPMI PT Kota Salatiga yang baru saja dilantik, Tri Wahyono. Ia menyatakan komitmen dari HIPMI PT Kota Salatiga untuk berperan serta dan membantu pemerintah dalam mendorong roda perekonomian masyarakat. Hal tersebut menjadi penting karena kesejahteraan masyarakat tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, tapi juga semua elemen masyarakat, termasuk HIPMI PT. (sg)